Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah Botol Bekas Menjadi Barang Layak Pakai

Dengan terus bertambahnya waktu, bertambah juga manusia yang ada di dunia ini. Ini membuat duatu daerah atau bahkan Negara menjadi semakin padat penduduk. Yang akhirnya sampah bertebaran dimana-mana.

Kurangnya tanggung jawab terhadap sampah yang diperoleh oleh dirinya sendiri ini bisa mengakibatkan adanya bahaya yang akan berdampak kembali pada kehidupan manusia. Seperti yang bisa kita lihat, sampah yang susah untuk terurai banyak kita temukan di selokan-selokan depan rumah dan di hampir semua sungai yang ada.

Tempat Bulpoint dari Botol Bekas Sprite
Akhirnya ketika musim hujan datang rumah-rumah terendam dan banyaknya penyakit yang membahayakan yang akhirnya bisa mengancam kenyamanan dan juga kesehatan manusia sendiri.

Padahal dengan kekreatifan yang bisa dimanfaatkan dari semangat anak-anak muda dijaman sekarang ini, kita bisa mengubah sampah-sampah yang awalnya tidak berguna menjadi suatu benda yang layak guna bahkan bernilai jual tinggi.

Salah satu ke kreatifan yang bisa kita lakukan adalah dengan mengubah botol-botol bekas bekas minuman untuk dijadikan suatu barang yang layak pakai. Seperti misalnya mengubah botol bekas menjadi tempat pencil dan tempat barang-barang kecil. Di post sebelumnya Dr. Samaph juga memberikan ide Membuat Meja Tamu dari Kayu Pallet Bekas dan Pot Bunga Lucu dari Botol Bekas.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan dan Cara Mengubah Botol Bekas Menjadi Barang Layak Pakai. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan;
  • 1 botol bekas berbentuk gelas (botol sprite, coca-cola)
  • Pisau untuk memotong botol
  • 1 CD kepingan 
  • Lem/solasi
  • Kain flannel atau pita (boleh ya, boleh tidak)

Cara pembuatannya:

  1. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan
  2. Kemudian, cuci dengan bersih botol yang akan dibuat kerajinan sampai bersih lalu keringkan.
  3. Potong botol bekas tadi menjadi 2 bagian (potong dengan model berombak)
  4. Rapikan hasil potongan botol gelas tadi. 
  5. Gabungkan bagian atas botol bekas dengan CD kepingan dengan cara terbalik
  6. Gunakan lem atau solasi supaya tidak jatuh dan goyang-goyang
  7. Bagian bawah dari botol bekas yang sudah anda potong tadi bisa langsung digunakan untuk menaruh alat tulis, dan pencil warna.
  8. Untuk bagian atas yang sudah digabungkan dengan CD kepingan tadi bisa anda gunakan untuk menaruh benda-benda kesayangan anda lainnya. Seperti, flashdisk, kabel usb, atau bros-bros hasil koleksi.

Contoh Artistik Merapikan Potongan Botol
Lem pada Bagian Tutup Botol pada CD

Untuk lebih terlihat menariknya lagi, kamu bisa tambahkan hiasan dengan menggunakan pita atau kain flanel yang bisa anda desain sesuai dengan imajinasi anda. dan untuk yang suka dengan desain karakter, tinggal menambahkan mata-mata yang biasa digunakan untuk boneka.

Tak hanya menyelamatkan lingkungan, dengan mengubah botol bekas menjadi kerajinan yang layak pakai ini bisa membuat anda lebih hemat. Jadi, anda tidak perlu lagi menyisihkan uang jajan anda hanya untuk membeli barang-barang yang ternyata bisa anda buat sendiri dengan cara yang lebih sederhana namun tetap berharga.

Tak hanya ini, botol bekas juga bisa kamu ubah menjadi sesuatu yang berharga lainnya. sesuai dengan imajinasi dan kreatifitasmu. Dengan mengubah botol-botol bekas menjadi barang yang lebih layak guna ini kamu bisa menjadi penyelamat lingkungan yang baik.

Dan supaya ke-kreatifan anda bisa terus berjalan, anda harus sering-sering berlatih dengan mengubah barang-barang bekas menjadi sesuatu yang lebih baru, menarik dan bisa dinikmati oleh banyak orang.

Tak hanya botol bekas, mulai dari kertas bekas, kardus bekas, bahkan plastik-plastik bekas pun bisa anda ubah menjadi barang-barang yang bisa dijadikan untuk suatu hiasan rumah atau barang-barang yang anda butuhkan lainnya. 

Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

2 komentar untuk "Cara Mengubah Botol Bekas Menjadi Barang Layak Pakai"