Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Meja Tamu dari Kayu Pallet Bekas

Membuat Meja Tamu dari Kayu Pallet Bekas - Setelah membuat lampu hias dari sampah kayu bekas yang sangat bagus menurut sobat Dr. Sampah, kini kita akan membuat meja dari kayu pallet yang bisa kalian tempatkan di ruang tamu atau mungkin kalian sedang berencana untuk membeli meja tamu minimalis?

Jangan buru-buru untuk membeli meja Sobat, karena ini kalian bisa buat dengan menggunakan kayu pallet bekas disekitar kalian. Bila kalian tinggal di daerah penghasil kerajinan kayu, bahkan yang rumahnya dekat dengan gudang-gudang perusahaan maupun toko sangat mudah untuk mendapatkan kayu pallet bekas industri, bahkan kayu pallet yang sudah tidak terpakai dijual dengan harga miring.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengkreasikan kayu pallet ini menjadi sebuah kerajinan maupun  hiasan pelengkap dekorasi rumah kalian dengan biaya yang minim. Dr. Sampah beberapa hari kemarin berhasil membuat meja tamu minimalis bahkan bila kalian membuat kaki mejanya lebih pendek akan terlihat seperti meja tamu lesehan ala jepang yang biasa kita lihat di TV atau Anime. Berikut foto meja tamu minimalis dari Dr. Sampah
Foto Meja Tamu Minimalis dari Pallet Bekas
Tertarik untuk mengetahui bagaimana prosesnya? Berikut Cara membuat Meja Tamu Minimalis dari Kayu Pallet.

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  • Kayu Pallet / Papan yang sudah tidak digunakan 8 lembar.
  • Balok Kayu
  • Baut / Paku
  • Gas Torch
  • Gergaji
  • Obeng / Paku
  • Amplas

Langkah-Langkah Membuat Meja

Merangkai Pallet Kayu Pallet

Bagian inti dari sebuah meja adalah papan yang bisa kalian rangkai menggunakan kayu pallet, pertama-tama adalah menyamakan ukuran panjang kayu pallet sehingga mudah untuk disusun, Dr. Sampah membuat bagian atas meja menggunakan 5 Pallet dengan panjang 120 cm (ukuran bisa menyesuaikan ukuran meja yang sobat buat). Sejajarkan 5 pallet lalu  potonglah satu pallet untuk membuat penahan secara melintang, lalu ikatlah menggunakan baut/paku yang kalian sudah siapkan.
Kayu Pallet

Mengikat Kayu Pallet dengan Baut

Bagian Atas Meja

Memunculkan Motif Kayu

Kali ini Dr. Sampah memberikan contoh bahwa kayu pallet yang biasanya tidak bermotif serat menjadi memiliki nilai pola yang cukup unik bila kita kreasikan dengan baik. Setelah membuat bagian atas meja pada langkah pertama, amplaslah permukaan meja sehingga serat-serat kayu pallet lebih halus sehingga motif dari lapisan kayu muncul dengan jelas.

Setelah dirasa halus, kita gunakan Gas Torch  untuk memperjelas motif kayu. pada saat pembakaran menggunakan gas torch usahakan pembakaran diarsir searah agar tidak terlalu hitam.
Memunculkan Motif Kayu Pallet

Gas Torch dan Motif Kayu Pallet

Membuat Kaki-Kaki Meja

Sebagian meja sudah diselesaikan dengan cukup bagus, disini kalian seharusnya sudah bisa membayangkan bagaimana hasil akhir meja yang akan kalian buat. Membuat kaki meja tidaklah sulit, sesuaikan tinggi kaki dengan lebar meja agar terlihat lebih elegean. Potonglah balok dan susun kembali sisa kayu pallet untuk menopang meja, lakukan seperti langkah pertama diatas namun ini untuk bagian bawah meja. Lalu buatlah siku-siku pada kaki balok.
Memotong Balok
Memperkecil Balok

Mengukur Siku-Siku

Menyusun Meja

Setelah kaki-kaki meja sudah sibuat, sekarang adalah bagian akhir untuk menyusun meja. Disini Sobat bisa melihat bahwa meja yang kalian buat sudah terbentuk seutuhnya.  Paku/bautlah bagian atas meja dari atas ke bawah sehingga melekat dengan baik, usahakan tidak merusak kontur atas kayu pallet.
Meja Minimalis dari Kayu Pallet

Foto Meja Minimalis Tampak Atas

Demikian Ide Membuat Meja Tamu dari Kayu pallet bekas dari DrSampah.com agar bisa menjadi inspirasi kreatif melakukan pembaharuan suasana yang ada dirumah sobat semuaya. Cara pembuatanya cukup mudah. Semoga kalian terinspirasi dari Dr. Sampah dan selamat Mencoba membuatMembuat Meja Tamu dari Kayu Pallet Bekas.
Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Membuat Meja Tamu dari Kayu Pallet Bekas"