Membuat Bros Bunga dari Kain Perca

Kain perca merupakan salah satu limbah industry yang bisa dengan sangat mudah untuk kita dapatkan. limbah yang satu ini bisa kita dapatkan dengan mudah disekitar rumah atau di tempat konveksi-konveksi besar.
Contoh Bros Kain Perca yang Dijual
Kain perca yang dulunya hanya digunakan untuk menjadi isian bantal atau kasur lantai kini berinovasi menjadi barang-barang rumah tangga yang sangat layak pakai. Seperti keset, tas cantik, gorden, tempat pencil anak dan masih banyak lagi kerajinan kain perca yang bisa kita manfaatkan untuk kehidupan kita sehari-hari. 

Limbah kain yang dulunya kurang memiliki harga jual kini menjadi salah satu limbah yang dicari oleh kebanyakan orang atau masyarakat yang ingin mengolah kain perca menjadi barang yang lebih bermanfaat dan berguna untuk diri mereka dan lingkungannya sendiri. DrSampah sudah beberapa kali membuat artikel berkaitan dengan Kain Perca seperti tempat alat tulis dan membuat keset dari kain perca.

Kali ini kita akan membuat bros dari kain perca yang sudah tidak terpakai. Kain perca yang biasanya digunakan untuk membuat keset dan lainnya kini akan kita buat menjadi aksesoris-aksesoris lucu yang akan mempercantik tampilanmu. Bahan-bahan dan peralatan yang harus disediakan,
  • Kain perca bermotif
  • Lem tembak
  • Benang dan jarumnya
  • Kancing bekas atau kain flannel
  • Penggaris dan bolpoin
  • Gunting
  • Peniti khusus bros
Langkah-langkah untuk mengubah kain perca menjadi aksesoris-aksesoris kecil yang indah dan menarik (bros),
  1. Sediakan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan
  2. Buat pola memanjang pada kain perca dengan menggunakan penggaris dan bolpoin dengan ukuran 25x5 cm.
  3. Lipat pola tadi menjadi dua
  4. Jahit bagian bawah hasil lipatan tadi (bagian sisi kanan dan sisi kiri yang sudah di satukan) 
  5. Jahit hingga rapi
  6. Setelah selesai menjahit, jangan buru-buru mengancing jaitan. Kamu bisa menarik hasil jaitan kainmu sekuat-kuatnya hingga mengkerut. Setelah itu kamu bisa mengancingnya dengan kencang, supaya kain perca tidak kembali memanjang.
  7. Selanjutnya jangan langsung potong benang yang ada pada kain. Kamu bisa langsung mengaitkan kain dari sisi yang satu kesisi yang satunya lagi, hingga membentuk seperti bunga.
  8. Setelah selesai kamu bisa memotong benang dengan menggunakan gunting. 
  9. Rapikan bunga hasil jaitanmu
  10. Untuk menutup bagian tengah bunga tadi kamu bisa menutupnya dengan menggunakan kancing baju atau pun kain flannel
  11. Jika kamu ingin gunakan kancing baju, kamu bisa langsung mengelim kancing baju dengan menggunakan lem tembak dan langsung ditaruh dengan hati-hati untuk menutup bagian tengah bros bunga. Lakukan secara perlahan dan hati-hati.
  12. Jika kamu ingin menggunakan kain flannel kamu bisa pakai kain flannel yang berwarna netral. Seperti, putih, hitam atau warna yang bisa dipadukan dengan motif yang digunakan untuk kain perca. Kamu bisa langsung membuat pola lingkaran kecil, dengan diameter disesuaikan dengan lubang pada bunga kain perca, kemudian tempelkan dengan menggunakan lem tembak. Untuk pola kamu bisa sesuaikan dengan keinginanmu sendiri.
  13. Tutup bagian belakang bross bunga dengan menggunakan kain sisa atau kain flannel dengan lem tembak
  14. Langkah terakhir, kamu bisa langsung pasang peniti bros pada bagian belakang bros bunga yang telah kita buat tadi
  15. Rapikan kembali hasil kreasimu, dan bros siap untuk dipakai dan mempercantik penampilanmu.
Langkah-Langkah
Hasil Akhir Bros
Tak hanya bisa dinikmati sendiri, bros ini juga bisa kamu jual dengan harga yang murah namun tetap bisa menguntungkanmu. Semoga Sobat membuatnya dengan penuh rasa riang dan tawa, selamat Mencoba!!!

Belum ada Komentar untuk "Membuat Bros Bunga dari Kain Perca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel