Sponsor

Cara Membuat Rak Hexagonal dari Stik Eskrim

Cara Membuat Rak Hexagonal dari Stik Eskrim - Hiasan dinding yang sekarang sedang hits dan naik daun adalah rak dinding hexagonal alias segi enam. Selain terlihat simpel dan mudah untuk dipasang, rak segi enam ini terlihat lebih berbentuk seperti hiasan dinding yang simpel daripada sebagai tempat penyimpanan seperti rak-rak pada umumnya. Rak hexagonal ini mudah sekali di dapat di pasar online (e-commerce) serta harganya yang bervariatif tergantung dari jenis bahan-bahan apa yang digunakan.

Hiasan Rak Hexagonal
Gambar Rak Hexagonal (Freepik.com)

Membuat rak hexagonal tidak terlalu sulit jika hendak dibuat sendiri dirumah, cukup dengan memiliki keahlian yang tergolong umum dan semua orang sepertinya bisa membuatnya dengan mudah. Prakraya ini juga bisa dibuat bersama dengan anak-anak yang sedang mengasah ide kreatifnya, seperti anak-anak TK, SD maupun untuk mengajar pelatihan prakarya utuk ibu-ibu rumah tangga alias PKK.

Pemanfaatan Stik Eskrim

Siapa yang tidak suka dengan eskrim? Walaupun ada yang tidak menyukai eskrim, secara umum banyak yang suka mengkonsumsi hidangan dingin ini apalagi ketika panas terik maupun saat berbuka puasa, pasti enak dan mampu meredakan haus.

Untuk kalangan anak-anak pada masa sekarang ini pastinya banyak yang sudah mengkonsumsi eskrim. Ketika mengkonsumsi eskrim, yang tersisa pastinya hanya pegangan yang terbuat dari kayu tipis dan dibuang begitu saja. Jika kita mampu memberikan contoh yang baik tentang pemanfaatan stik eskrim yang tersisa tersebut menjadi rak hexagonal, maka anak-anak akan terpancing dan terpacu untuk lebih kreatif dan bijak dalam mengolah sampah untuk mendukung program go-green sejak dini.

Bahan dan Cara Membuat Rax Hexagonal

  • Stik Eskrim Secukupnya
  • Kertas
  • Puplen atau pensil
  • Lem Fox maupun Lem Tembak


Langkah Pembuatan Rax Hexagonal

  1. Buatlah sketsa rak dengan menggambar bangun ruang hexagonal pada kertas menggunakan pensil, tujuanya adalah memastikan kerapian dan memudahkan pembuatan rak yang simetris nantinya. Perlu di ingat sketsa ini harus dibuat sesimetris mungkin dan panjang sisinya sama dengan panjang stik eskrim.
  2. Letakan tiga stik eskrim pada tiga sisi dengan jarak satu sisi yang berbeda supaya tidak terlihat tumpang tindih, jelasnya lihat gambar dibawah.
  3. Lem pada masing masing ujung stik eskrim, lalu sambungkan stik dengan meletakan tiga stik eskrim yang baru pada sisi hexagonal yang belum terisi stik.
  4. Pada step ke-3 seharusnya sudah terlihat bentuk hexagonal yang simetris, bila dirasa kurang simetris perbaiki bentuknya.
  5. .Perlu di ingat bahwa urutan peletakan stik usahakan konsisten selang-seling agar rak rapi dan kokoh dalam pengeleman.
  6. Ulangi langkah ke-3 lalu lanjutkan pengeleman stik eskrim dengan bergantian dan serapi mungkin hingga dirasa cukup tebal untuk ukurang barang yang hendak diletakan pada rak hexagonal yang sobat buat.

Langkah Penyusunan Rak Hexagonal
Langkah Penyusunan Rak Hexagonal

Penututp

Bila sobat ingin mewarnai rak yang sudah dibuat, bisa menggunakan pernis maupun dibakar menggunakan gas torch yang bisa sobat beli di supermarket maupun toko-toko yang menjual gas.

Memanfaatkan dan mendidika anak untuk menjadi lebih kreatif sangat dianjurkan sejak dini dan kita terkadang baru terpacu untuk kreatif ketika kita besar dan hendak membeli yang nyatanya bisa kita buat sendiri dirumah.

Bila merasa pembuatan ini cukup ribet, sobat bisa membeli rak yang sudah jadi di e-commerce maupun toko-toko dekorasi rumah, namun pastinya lebih mahal.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Rak Hexagonal dari Stik Eskrim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel