Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Topi Dari Kotak Susu Bekas

Cara Membuat Topi Dari Kotak Susu Bekas - Siapa yang berpikir bahwa membuat topi cantik cari sampah kotak susu bekas adalah hal yang tidak menarik? Dan siapa yang mengira bahwa dari sampah kotak susu kita dapat membuat topi yang cantik, yang kita bisa gunakan untuk pergi ke pesta tanpa terlihat bahwa topi itu terbuat dari sampah?

Kreasi Topi Dari Kotak Susu Bekas

Cara Membuat Topi Dari Kotak Susu Bekas.jpg
Topi Dari Kotak Susu Bekas
Sekarang anda dapat menggunakan imajinasi anda untuk berpikir bagaimana anda memanfaatkan sampah yang ada di rumah atau di lingkungan anda menjadi barang yang berestetika tinggi. Karena tidak selamanya sampah itu barang yang hanya bisa mengotori bumi, mencemarkan udara dan air, juga sampah jika dibiarkan begitu saja akan menimbulkan lingkungan menjadi tidak sehat karena banyak bakteri berkeliaran yang akhirnya menyerang tubuh kita untuk menjadi sakit.

Sangat menakutkan bukan jika kita semena-mena membuang sampah tanpa berpikir bahwa sampah-sampah tersebut jika kita dapat mengolahnya dapat dijadikan barang yang digunakan kembali menjadi suatu yang memiliki fungsi berbeda dan nilai seni yang tinggi.

Topi Pesta Dari Daur Ulang Kotak Susu

Dari berbagai jenis sampah yang ada di sekitar kita, dari mulai sampah organik seperti daun, buah-buahan busuk, makanan busuk dan lain-lain, serta sampah non organik seperti kantong plastik, botol plastik, kertas, dus makanan, styrofoam, mika, kotak susu dan lain-lain. diantara sampah non organik tersebut, ada salah satunya adalah kotak susu, dimana hampir disetiap rumah pasti menghasilkan sampah dengan jenis ini. lalu bagaimana cara memanfaatkannya agar kotak susu tersebut tidak mengotori lingkungan atau tidak mencemari tanah karena proses penghancuran oleh alam yang lama?

Disini akan dijelaskan bagaimana kita membuat kerajinan tangan dari bahan kotak susu, yang mana kotak susu bekas dapat dibuat menjadi sebuah topi pesta yang lucu dan mengagumkan. untuk mengetahui cara pembuatan-nya, yuk intip bahasan di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • Gunting
  • 2 buah kotak susu bekas
  • Kain Flanel, potong menjadi ukuran persegi  (1) 6 cm x 12 cm, (2) bentuk bulat dengan diameter 8 cm (3), bentuk bulat dengan diameter 6 cm.
  • Lem tembak
  • Pita Sepanjang 15 cm
  • Pensil
  • Penggaris

Cara Membuat:

  1. Siapkan Kotak susu bekas sebanyak 2 buah, lalu bongkar salah satu sisi lipatanya (sambungan kotak yang diberi lem), lalu gunting kedua kotak susu tersebut dengan menggunakan gunting hingga menghasilkan helaian-helaian atau lembaran karton.
  2. Lalu ambil satu buah lembar karton lalu bentuk pola menggunakan pensil dan penggaris dan bentuk gambar persegi dengan ukuran 6cm x 12 cm. Lalu ambil lembaran kotak satu satu lagi-nya, dan buat pola lingkaran dengan garis tengah 8 cm. Lalu buat bentuk lingkaran lagi lebih kecil dengan garis tengah 6 cm (untuk bagian tutup dan beri gerigi di pinggiran lingkaran sebagai media perekat lem dengan batang topi) lalu gunting kedua pola tersebut hingga menghasilkan bentuk persegi dan 2 bentuk bulat. Lihat Gambar!
    Membentuk pola topi.jpg
    Membentuk pola topi
  3. Satu karton dengan bentuk bulat dengan diameter 8 cm tersebut dibuat lingkaran tengah dengan pinggiran dibentuk bergerigi seperti saat membuat bagian atas topi. Lihat pada gambar.
  4. Gunting kain flanel dengan mengikuti bentuk-bentuk karton tersebut, lalu beri lem pada karton dan timpa dengan helai kain yang sudah disesuaikan ukurannya. Lihat pada gambar
  5. Setelah itu, karton yang persegi tersebut digulung menjadi sebuah tabung dan sambungkan sisi satu dengan sisi lainnya dan rekatkan dengan lem, dan pasang bagian karton berbentuk bulatan kecil sebagai tutup tabung satu sisi.
    Bentuk karton sebagai penutup topi.jpg
    Bentuk karton sebagai penutup topi
  6. Satukan satu sisi bawah tabung tadi dengan cara meletakkannya di bagian tengah karton berbentuk bulat tadi dan rekatkan dengan lem. Lalu beri pita di bagian sambungan tadi. hingga menjadi topi yang cantik.

Penutup

Kini anda dapat melihat betapa sampah kotak susu yang semula tidak menarik, kini dapat menjadi sebuah karya yang indah untuk melengkapi tampilan anda ke pesta. Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Cara Membuat Topi Dari Kotak Susu Bekas, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

1 komentar untuk "Cara Membuat Topi Dari Kotak Susu Bekas"

  1. Slot machines soon graced cities across America in bars after which casinos, and spread across 바카라 사이트 the borders to Canada, followed by Europe. Thanks to the internet,, Charles’s invention now has the potential to achieve billions. Be the first one to know when new EXCLUSIVE bonuses and video games are available.

    BalasHapus