Sponsor

Tempat Alat Tulis dari Kain Perca

Kain perca adalah kain sisa-sisa baju jaitan yang sudah tidah terpakai. Biasanya para penjahit selalu membuang hasil potongan-potongan kain yang sudah tidak bisa digunakan lagi dengan begitu saja.

Padahal kain perca yang selama ini dianggap mejadi sampah yang harus dibuang, sebenarnya bisa diubah menjadi barang-barang yang bisa kita gunakan setiap hari. Mulai dari aksesoris wanita seperti bros, bandana, hingga tempat alat-alat tulis yang unik dan lucu. 
Kotak Pensil
Motif dari hasil potongan kain baju biasanya memiliki motif yang unik dan menarik.namun, ketika digunakan untuk membuat baju biasanya akan lebih terlihat biasa, apa jadinya jika kain-kain bermotif ini dijadikan bros, bandana atau tempat alat tulis dan barang-barang lainnya?

Sebenarnya sudah  ada beberapa ide Dr. Sampah mengenai cara membuat tempat pensil atau alat tulis dari beragam jenis bahan seperti cara membuat tempat pensil menggunakan kain flanel dan bahkan ada juga yang menggunakan koran.

Berikut ini kita akan membahas mengenai tempat alat tulis dari kain perca. Dimulai dari bahan-bahan serta peralatan yang kita butuhkan, 
  • Kain perca bermotif dan polos
  • Risleting
  • Beberapa kancing baju yang tidak terpakai
  • Benang
  • Gunting
  • Alat ukur
  • Mesin jahit

Dilanjut dengan langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membuat kreasi tempat alat-alat tulis dari kain perca, 
  1. Buatlah pola pada kain perca bermotif dan kain perca polos dengan ukuran 17x6x4 cm. 
  2. Kemudian potong kain dengan menggunakan gunting dengan menambahkan ukuran lebih untuk menjahit nantinya.
  3. Selanjutnya, buat kembali pola pada kedua kain perca untuk bagian kanan dan kiri dengan ukuran 7x7 cm untuk tempat alat-alat tulis nantinya. (masing-masing 2 lembar). 
  4. Untuk langkah nomor 3 tadi kita lakukan jika kita menggunakan risleting dengan ukuran 21 cm. jika lebih dari itu, maka tahap ke-2 bisa dilewati.
  5. Selanjutnya kita buat tali dari kain perca polos dengan ukuran 8x5 cm. 
  6. Kemudian kita lipat menjadi 2 dan jahit. Sisakan bagian kanan dan kiri untuk membalik.
  7. Setelah itu kita bisa rapikan tali tersebut dngan bantuan setrika, tali ini bisa kita gunakan sebagai penghias nantinya.
  8. Langkah berikutnya, jahit bagian kanan, kiri, tali dan risleting. Untuk mempermudah anda bisa gnakan jarum agar kain tidak berubah posisi.
  9. Berikutnya kita bisa langsung jahit pola tempat alat tulis tadi satu persatu dengan risleting tadi. Jahitlah dari bagian dalam, jangan lupa tetap gunakan jarum atau pin agar kain tidak bergeser-geser.
  10. Dilanjut dengan menjahit bagian kanan dan kirinya. Kemudian, jahit seluruhnya hingga membentuk tempat alat tulis, dan rapikan hasil jahitan.
  11. Bentuk segitiga pada bagian kanan dan kiri dan ukur hingga setinggi 4cm, kemudian jahit keempat sisinya dan rapikan kembali
  12. Kemudian balik tempat alat tulis tadi dari risleting yang terbuka. 
  13. Tempat alat-alat tulis bisa digunakan untuk alat-alat tulis yang dibutuhkan untuk sekolah. Agar terlihat lebih cantik dan menarik anda bisa tambahkan kancing sebagai hiasan sesuai dengan keinginan anda. 
Pola
Tali Tempat Pensil
Jait dari Dalam
Rapikan Dalam Menjait Bagian Samping
Jika mau tempat alat-alat tulis dari kain perca ini bisa berdiri dengan tegak, kita bisa gunakan bahan yang lebih keras untuk bagian dalamnya dengan ketebalan sedang, supaya mudah untuk dibentuk. 

Dan untuk kamu yang suka dengan jeans kamu bisa membuat tempat alat tulis dari kain berbahan jeans yang memiliki tekstur lebih kokoh dibandingkan dengan kain lainnya. dan tempat alat-alat tulis anda juga semakin terlihat trendy dan kekinian tak kalah dengan tempat alat tulis hasil beli di toko-toko.

Semoga bisa menginspirasi Sobat Dr. Sampah semua dan Terimakasih sudah berkunjung!

Belum ada Komentar untuk "Tempat Alat Tulis dari Kain Perca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel