Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Tripod Smartphone dengan Bambu dan Sandal Bekas

Drsampah.com, Membuat Tripod Smartphone dengan Bambu dan Sandal Bekas - Semakin maraknya penggunaan smartphone dan gadget di era sekarang ini, membuat orang-orang suka dengan hal-hal luarbiasa hanya menggunakan handphone. Smartphone berkembang semakin canggih dan banyak dibenami teknologi-teknologi canggih pada masanya. Penggunaan chip yang semakin efisien semakin lama akan menggeser alat-alat elektronik yang berukuran besar dan mahal. Laptop dan komputer akan digantikan dengan tablet yang lebih mudah dan ramah bila dibawa kemana-mana. Kamera DSLR yang besar sudah, akan tergerus bila tidak menyesuaikan dengan minat generasi milenial yang sering menggunakan Kamera smartphonenya untuk ber-swafoto maupun mengambil gambar landscape.

Terkait dengan dunia photography dan cinematography yang terkenal mahal dan alat-alatnya yang segede gaban, di era sekarang ini sudah mulai tumbuh dan berkembang komunitas dan minat seseorang untuk menunjukan bahwa di era sekarang ini smartphone dapat menggantikan alat-alatnya yang besar. Penggunaan Smartphone di bidang photography dan cinematography sudah sangat menjamur dengan di dukung Youtube sebagai tempat menampilkan karya-karya video dan instagram untuk karya photonya.
Membuat Tripod dari Bambu dan Sandal Bekas
Tripod dari Bambu dan Sandal Bekas

Photo yang bagus akan mendapat banjir likes dan comment di instagram, apabila dilakukan secara konsisten maka dapat mendatangkan banyak pengikut. Boom inilah kenapa di era digitalisasi ini banyak orang-orang dan anak-anak kecil yang sudah mendadak jadi artis dan model di instagram. Semua itu dimungkinkan apabila kita melakukanya dengan teknik pengambilan yang bagus dan HANYA bermodalkan smartphone senilai 5 Juta rupiah, berbanding terbalik jika kita menggunakan alat-alat photography profesional yang harganya puluhan juta rupiah dengan hasil yang tidak berbeda jauh dengan mengandalkan Smartphone.

Membuat Tripod dengan Bambu

Untuk menunjang kegiatan photography kalian menggunakan smartphone ada baiknya menggunakan alat-alat penyokong dalam mengambil gambar agar terlihat pro disamping kemampuan smartphone kalian sudah dimaksimalkan dengan adanya sofware-sofware mobile photography. Sobat yang sudah menggeluti ini pasti ada yang berkeinginan mempunyai Tripod. Harga tripod sangat bervariasi, dari yang murah sampai yang mahal dan sudah dilengkapi stabilizer.

Bagi teman-teman yang belum memiliki tripod, kali ini kita akan membuat tripod yang terbuat dari bahan-bahan bekas dan mudah untuk dibuat. Melihat dari konsep dan cara kerja yang sederhana terbesit ide untuk membuatnya dengan mudah dan murah dibanding kalian membelinya di pasaran dengan harga berkisar dari 300rb rupiah.

Bahan dan Alat untuk Membuat Tripod

Untuk membuat Tripod kalian memerlukan;
  • Bambu dengan Panjang 1 meter
  • Sandal Bekas
  • Paku Ukuran Sedang
  • Pisau
  • Tutup Botol
  • Sterofoam Pop Mie
  • Pensil
  • Penggaris
  • Sedotan Kecil
  • Karet gelang

Langkah-Langkah Membuat Tripod

Ikuti Langkah-langkah berikut Untuk Membaut Tripod;
  1. Belah bambu dan haluskan untuk membuat stik kaki-kaki tripod dengan ukuran 60 cm sebanyak 3 bilah.
  2. Buatlah 2 Stik dari bambu berukuran 15 cm dan haluskan untuk membuat holder (kepala tripod).
  3. Potonglah Sandal untuk membuat 3 pola. Pola Pertama bentuk persegi (6x6 cm) lalu buat pola segitiga pada bagian tengah lalu lubangi seperti pada gambar.
  4. Pola kedua bentuk persegi panjang (7x3 cm) dan lubangi 4cm dari sisi lebar (lihat gambar).
  5. Sedangkan pola ketiga sama dengan pola kedua namun bagian tengah di lubangi dan pada bagian samping kanan.
  6. Lubangi tutup botol pada bagian tengah menggunakan paku.
  7. Ambil bagian bawah sterofoam pop mie yang berbentuk bulat, lalu buat pola segitiga pada bagian tengah lalu lubangi seperti pada gambar.
Langkah Membuat Tripod dari Bambu
Langkah Membuat Tripod dari Bambu

Merangkai Tripod

  1. Untuk membuat bagian kepala tripod, ambil dua stik bambu ukuran 15cm dan pola sendal bekas persegi panjang lalu masukan stik pada lubang-lubang samping yang sudah dibuat sebelumnya.
  2. Masukan Paku ukuran sedang yang sudah disiakan tadi dari bagian dalam sampai ujung paku tertanam pada sendal, nantinya untuk menghubungkan rangkaian kepala dengan kaki tripod.
  3. Masukan ujung paku ke lubang pada tutup botol dan masukan satu paku lagi pada lubang samping pada sandal seperti pada gambar, fungsinya agar bisa memutar kepala tripod dengan mulus nantinya.
  4. Bagian kepala tripod sudah selesai dirakit, sekarang kita akan merakit bagian kaki tripod. Ambil sterofoam yang sudah dilubangi tadi lalu masukan tiga bilah stik bambu berukuran 60cm tadi.
  5. Ambilah sendal dengna pola persegi lalu masukan ujung bambu pada lubang yang sudah dibuat  sehingga kaki-kaki mengerucut.
  6. Gabungkan kepala tripod dengan bagian kaki tripod dengan memasukan paku yang menonjol pada kepala tripod kedalam lobang tengah pada sendal di kaki tripod. Pastikan rangkaian tidak ada yang goyang, bila perlu lem bagian-bagian yang dirasa perlu.
  7. Masukan sedotan Kecil dari bagian bawah pada lobang paling tengah sterofoam dan pastikan sampai masuk bagian bawah paku.

Penutup

Pastikan kaki-kaki yang kalian buat tadi kokoh sebelum dipasangkan smartphone yang kalian miliki. Untuk membuat ini hanya diperlukan kratifitas dan waktu untuk membuatnya dibanding dengan merogoh kocek yang lumayan untuk membeli kuota agar bisa upload konten. Tripod ini cocok untuk para pembuat konten minim biaya namun tidak pernah putus berkreasi dan saya yakin dengan konsisten akan membuahkan sebuah hasil yang bagus, karena selalu mengasah skilll. Yah walaupun admin tidak terlalu konsisten membuat artikel akhir-akhir ini :D
Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Membuat Tripod Smartphone dengan Bambu dan Sandal Bekas"