Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kreasi Mangkok dari Batok Kelapa dengan Gambar

Seperti yang sudah kita ketahui, sekarang ini sedang gencar-gencarnya limbah atau sampah dijadikan suatu barang yang lebih memiliki nilai dan harga jual tinggi. seperti salah satunya adalah limbah dari tempurung kelapa. 

Tempurung kelapa atau batok kelapa kini menjadi salah satu limbah yang sedang viral untuk dijadikan aksesoris, hiasan rumah atau barang-barang lainnya yang lebih bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.
Gambar Kreasi Mangkok dari Batok Kelapa
Limbah batok kelapa yang dulu menumpuk hingga menggunung dan membuat lingkungan menjadi terlihat lebih kotor, kini bisa disulap mejadi barang-barang yang lebih berguna, bermanfaat untuk kita dan lingkungan kita. Salah satunya adalah dengan mengubah batok kelapa menjadi mangkok makanan, setelah post sebelumnya Dr. Sampah membuat tempat spidol menggunakan batok kelapa.

Banyak kegunaan yang bisa di dapatkan dari mangkok batok kelapa ini. Dengan menggunakan batok kelapa kita tidak risau lagi mengenai pecahnya mangkok yang bisa melukai orang-orang disekitar kita. 

Selain itu, mangkok dari batok kelapa ini juga bisa membuat kita lebih hemat, ketimbang harus membeli mangkok dari kaca yang lebih mudah pecah kita bisa buat mangkok sendiri dengan menggunakan limbah tempurung kelapa. Berikut ini bahan dan alat untuk Membuat Kreasi Mangkok dari Batok Kelapa,
  • Gergaji besi
  • Amplas halus
  • Mineral oil
  • Kuas kecil 1 ½ 

Langkah-langkah untuk pembuatannya
  1. Pilih limbah kelapa yang sudah tua dan kering
  2. Potong tempurung kelapa tadi menjadi 2 bagian dengan menggunakan gergaji, (anda bisa menggunakan gergaji halus supaya mempermudah anda dalam memotong batok kelapa) 
  3. Untuk pemotongan anda bisa potong batok kelapa dengan ukuran kira-kira 60:40. Bagian 60% akan kita gunakan untuk kerajinan mangkoknya dan sisanya atau bagian 40% akan kita gunakan sebagai pondasi atau kaki mangkok.
  4. Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah dengan menghaluskan masing-masing bagian luar batok dengan menggunakan amplas. Jika batok masih berserabut kasar, anda bisa gunakan amplas kasar supaya bisa lebih cepat, dan setelah halus anda lanjutkan dengan menggunakan amplas halus. 
  5. Lakukan langkah penghalusan hingga batok kelapa yang akan dikreasikan untuk mengkok benar-benar dirasa halus
  6. Amplas dan bersihkan juga bagian dalam batok hingga bersih dan mulus
  7. Selanjutnya lapisi batok yang sudah bersih dan juga halus dengan menggunakan mineral oil dengan menggunakan kuas kecil yang telah disediakan tadi
  8. Keringkan selama kurang lebih 24 jam 
  9. Pasang bagian yang akan digunakan sebagai mangkok dengan bagian kakinya tadi dengan menggunakan lem atau perekat lainnya. 
  10. Pastikan batok sudah tertempel dengan rapi dan kuat
  11. Mangkok dari batok kelapa siap untuk digunakan

Contoh Pemotongan Batok Kelapa (Mangkuk dan Kaki)

Proses Mengamplas
Untuk menambah hiasan supaya mangkok bisa terlihat cantik anda bisa tambahkan ukiran dibagian atas atau tengah mangkok, supaya mangkok menjadi lebih keren dan juga cantik dan bisa digunakan untuk acara-acara besar yang anda adakan. 

Tak hanya bisa dijadikan sebagai mangkok cantik, batok kelapa ini juga bisa diubah menjadi hiasan rumah seperti sebagai wadah lilin. Caranya batok kelapa yang sudah halus dan bersih tadi diberi lubang pada sekeliling atas batok, kemudian di cat dengan menggunakan cat semprot atau varnish supaya warna asli dari batok kelapa bisa tetap terjaga. 

Selanjutnya bisa ditambahkan kawat disalah satu sisi batok kelapa agar tempat lilin kreasi dari batok kelapa bisa ditempelkan pada dinding. Itulah beberapa kreasi yang bisa kita buat dari batok kelapa.

Demikian Kreasi mangkok yang bisa sobat Dr. Sampah buat, semoga bisa menjadi inspirasi dan ingat jika kalian membuat dengan skala besar, Sobat bisa jual di tempat-tempat strategis dekat tempat sobat.

Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Kreasi Mangkok dari Batok Kelapa dengan Gambar"