Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Topi Toga dari Karton Lengkap dengan Gambar


Drsampah.com, Cara Membuat Topi Toga dari Karton Lengkap dengan Gambar - Topi merupakan perhiasan bak permata yang senantiasa digunakan dari jaman ke jaman. Tidak heran jika dengan mengenakan topi akan membuat penampilan sesorang semakin gagah dan menambah percaya diri, sejak kecil kita diajarkan menggunakan topi saat keluar ruangan dengan kondisi langit yang terik. Tidak heran jikalau tiba-tiba mama-mama berteriak bak kebakaran jenggot "NAK PAKAI TOPINYA, DILUAR PANAS..". Siapa yang merasa bernostalgia?.
Topi Toga dari Karton
Membuat Topi Toga dari Karton
Kembali lagi ke zaman kita SD, sering sekali kita mendapat tugas untuk membuat sebuah kerajinan tangan dan membawanya kesekolah untuk disetorkan. Saat pulang kerumah pastinya akan membawa sebuah pekerjaan rumah bagi orang tua kita agar membantu dalam membuat sebuah prakarya. Jikalau orang tua kita memiliki kreatifitas? Akan menjadi sebuah dilema saat orang tua juga tidak merasa mumpuni dalam membuat sebuah prakarya, sederhananya ya membuat sebuah topi wisuda dari kain flanel misalnya, jangankan membuat membuat pola topi toga saja masih kebingungan kan?.

Hendak memasuki SMP dan SMA kita sudah memulai untuk diajak berfikir kreatif dalam MOS (Masa Orientasi Siswa) karena ketika masa itu kita disuruh membuat topi dari karton, begitupula saat Ospek maupunStudent Day di dunia perkuliahan makin runyam dengan ide-ide kreatif kaka-kaka tingkat di BEM. Ketika wisuda nanti sudah pasti harapanya kita memakai Topi Toga sesungguhnya yang berbentuk segi lima dengan tali toga yang di kibaskan oleh rektor sebagai tanda telah waktunya menjadi seorang alumni.

Kali ini drsampah.com akan memberikan tutorial Cara Membuat Topi Toga dari Karton, yang mungkin nantinya bisa memberi inspirasi bagi teman-teman siswa, orang tua maupun mahasiswa baru yang mencari cara untuk membuat topi ini, kita akan melengkapinya dengan Gambar secara lengkap dan rinci.

Cara Buat Topi Toga Segi Lima

Cara membuatnya sebenarnya cukup simpel, namun terkadang kita akan terburu oleh waktu saat OSPEK maupun MOS nantinya dan itu akan membuat kita berfikir tidak logis dan mengeluh karena lelah. Namun apabila tidak membuatnya, sudah tahu kan bagaimana akibatnya? "Kita akan merasa capek mendengar ocehan kaka-kaka BEM yang memiliki kecepatan berbicara seperti kecepatan cahaya dengan nada "Kamu tidak tau membuat topi toga? Kamu tidak tau bentuknya topi toga bagaimana? bagaimana nanti kamu bisa wisuda?". Kan mimin jadi merasa bernostalgia kan saat ospek dulu ketika menulis artikel ini :D

Langsung saja kita mempersiapkan bahan-bahan yang kita perlukan.

Alat dan Bahan Membuat Toga


  • Kertas karton (Kita Gunakan Warna Hitam agar mirip wisudawan)
  • Gunting
  • lem
  • pensil
  • penggaris dan jangka
  • Tali Wool

Langkah-Langkah Membuat Toga:

  1. Pertama ukur lingkar kepala kalian menggunakan Tali Wool agar nantinya tidak terlalu sempit dan tidak juga terlalu lebar saat membuat toga.
  2. Setelah mendapat berapa panjang lingkar kepala kalian, ambilah ketas karton dan buatlah pola persegi panjang dengan ukuran "(Lingkar kepala + 10cm) x 15cm"
  3. Sambungkan Pola Persegi panjang tersebut dari sisi satu ke sisi satunya lalu lem padabagian 10cm yang kalian lebihkan pada lingkar kepala.
  4. Pada salah satu sisi potong-potong sedalam 5cm secara merata agar bisa dilipat nantinya dan bisa untuk mengelem bagian tutup topi. Sampai disini akan terlihat bagian mana yang akan dimasukan ke-kepala nantinya.
  5. Ambil karton lagi dan buatlah pola segi lima pada karton, gunakan penggaris dan jangka agar lebih simetris, lihat contoh gambar.
  6. Bila kalian kesulitan menggunakan alat kalian bisa merasa-rasa apakah polanya sudah bagus sesuai yang kalian lihat. Tinggal buat Pola persegi lalu gunting bagian pojoknya agar bisa menjadi persegi lima.
  7. Tempelkan menggunakan lem pola segilima yang kalian buat kepada pola karton lingkaran yang kalian buat pada langkah ketiga.
  8. Buatlah tali toga menggunakan kain wool, sesuaikan ukuran pangjangnya. Untuk rumbai tali kalian lipat-lipat kain wool lalu gunting seperti gambar.
  9. Lubangi dengan hati-hati saat memasang tali toga pada bagian karton agar tidak robek.

Gambar Gambar Langkah Membuat Toga:

Membuat Pola Lingkaran untuk Kepala Toga
Membuat Pola Lingkaran untuk Kepala Toga
Cara Membuat Pola Segi Lima
Cara Membuat Pola Segilima
Langkah Membuat Tali Toga dan Membentuk Toga
Langkah Membuat Tali Toga dan Membentuk Toga

Baca juga: Cara Mengubah Botol Bekas Menjadi Barang Layak Pakai

Selesai

Tahapan membuat toga telah selesai. Untuk penyempurnaanya kalian bisa memodifikasinya sendiri dan bila dirasa kurang cukup kokoh. Gunakan kardus bekas (Mie, Air Mineral ataupun yang lainya) pada bagian atas toga baru dilapisi dengan karton. Demikian penyampaian yang bisa admin berikan. Jangan lupa untuk membagikanya kepada teman-teman yang membutuhkan ya.
Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Topi Toga dari Karton Lengkap dengan Gambar"