Cara Membuat Tempat Spidol dari Tempurung Kelapa - Dr Sampah

Sabtu, 26 Januari 2019

Cara Membuat Tempat Spidol dari Tempurung Kelapa

Tidak selamanya limbah mengganggu kehidupan manusia, kebanyakan dari kita hanya belum mengetahui bahwa sesuangguhnya beberapa limbah yang selama ini menumpuk dan kita biarkan begitu saja bisa diubah menjadi barang-barang yang lebih berguna dan bermanfaat untuk kita dan juga kehidupan sekitar kita. 
Tempat Pensil
Salah satunya adalah limbah batok kelapa. Batok kelapa yang biasanya hanya dibuang dan dibiarkan dengan begitu saja, kini bisa kita ubah menjadi barang-barang berharga lainnya yang bahkan bisa memberikan keuntungan besar jika kita jual nantinya. 

Kini, batok kelapa tidak hanya bisa untuk dibakar dan dijadikan abu pengganti kayu bakat. Batok kelapa bisa kita buat menjadi kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan juga bernilai jual tinggi. 

Seperti mengubah batok kelapa menjadi gelas cantik, menjadi sebuah mangkok, menjadi asbak rokok, atau bahkan wadah dari aksesoris-aksesoris. Berikut ini kita akan mengulas mengenai cara membuat tempat spidol dari tempurung kelapa. Berikut ini adalah bahan-bahan dan peralatan yang kalian butuhkan,
  • Sediakan batok kelapa atau tempurung kelapa 
  • Gergaji, dan bor
  • Pisau, dan pecahan kaca
  • Amplas halus dan amplas kasar
  • Lem, 
  • Daun Pisang Kering, dan Tali
  • Cat Pernis 
Selanjutnya adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk membuat Tempat spidol dari tempurung kelapa, 
  1. Yang pertama, sediakan seluruh alat dan peralatan yang dibutuhkan
  2. pilihlah batok kelapa yang sudah benar-benar kering dan tua
  3. bersihkan dengan hati-hati sisa-sisa serabut kasar yang ada pada permukaan tempurung kelapa dengan menggunakan pisau atau pecahan kaca yang sudah dipersiapkan. 
  4. Kemudian, selanjutnya kalian bisa bersihkan kembali batok kelapa dari sisa-sisa serabut halus dengan menggunakan amplas kasar
  5. Haluskan permukaan batok tadi dengan menggunakan amplas halus hingga merata
  6. Kemudian langkah berikutnya kita akan membuat permukaan batok menjadi lebih mengkilap. Untuk langkah ini kita  bisa gunakan 2 cara, yaitu  secara alami, dengan menggosok-gosokkan tempurung kelapa dengan menggunakan daun pisang kering secara berulang-ulang dan yang kedua, cara cepat yaitu dengan mengecatnya dengan menggunakan cat pernis
  7. Gunakan gergaji untuk memotong batok dengan bentuk dan ukuran yang ingin disesuaikan dengan kerajinan yang ingin kamu kalian buat. 
  8. Salah satu batok kelapa yang sudah di ptong tadi, lubangi dengan menggunakan bor sesuai dengan ukuran spidol
  9. Pasang tali dengan menggunakan lem dengan bentuk melingkar pada salah satu sisi dari kedua batok kelapa tadi
  10. Tempalkan sisi-sisi batok yang telah di pasangi tali tadi dengan lem sampai menempel dengan erat (dengan batok yang satu gunakan bagian yang memiliki lubang besar sedangkan yang potongan yang satunya gunakan lubang yang dilubangi dengan bor.
  11. Agar bisa ditaruh dimeja dengan tegak, kalian bisa tambahkan potongan batok untuk bagian bawahnyaagar bisa berdiri tegak 
  12. Lem dengan tali kemudian tempelkan dengan tempat spidol tadi
  13. Tempat spidol dari tempurung kelapa sudah jadi dan bisa langsung digunakan atau bahkan dijual
  14. Supaya bisa terlihat lebih cantik, kalian bisa mempercantik tempat spidol dari tempurung tersebut dengan sisa-sisa tali tadi.
Membersihkan Serabut Kelapa
Menghaluskan Permukaan Kelapa dengan Amplas
Melubangi Kelapa
Membuat Kaki-kaki dan Tempel dengan Tali

Tak hanya untuk tempat spidol, tapi pencil, pulpen, dan alat tulis lainnya juga bisa, tinggal menyesuaikan lubang yang akan dibuat dengan bor dengan barang yang akan ditaruh di tempurung tersebut. Sobat bisa memodifikasi sesuai dengan kreatifikas sobat, ada banyak contoh-contoh kreasi yang kalian bisa cari di media daring. Sekian kreasi dari tempurung kelapa dari Dr. Sampah, semoga bermanfaat untuk Sobat Dr.Sampah semuanya.
Salah Satu Contoh Setelah di Modifikasi
Comments


EmoticonEmoticon