Kayu Pallet Bekas dijadikan Bingkai Foto

Bagi para pembuat barang-barang rumah tangga yang menggunakan kayu tentu memiliki banyak sekali sisa-sisa kayu yang dianggap sudah tidak bisa lagi untuk dipakai. Biasanya mereka akan menjualnya pada pencari kayu bakar untuk dijadikan bahan bakar produksi suatu bahan makanan dengan harga yang murah.
Hasil Bingkai dari Kayu Pallet
Padahal sisa-sisa kayu tersebut bisa kita jadikan barang-barang yang unik, dan menarik serta memiliki harga yang tinggi. Jika kita mau sedikit berkreasi, kita bisa membuat hiasan rumah, mainan anak, dan barang-barang lainnya dengan menggunakan sisa-sisa kayu.

Seperti mengubah sisa-sisa kayu yang sudak tidak terpakai menjadi bingkai foto yang bernilai. Pada post-post yang telah Dr. Sampah buat, bisa Sobat liat misalnya membuat meja tamu dari kayu pallet yang sudah pasti unik,  Sekarang Bingkai foto dengan menggunakan kayu palet ini akan memiliki sifat yang lebih enteng dan mudah untuk ditaruh dimanapun dan pastinya akan lebih unik.

Sehingga banyak dari masyarakat yang lebih memilih menggunakan bingkai foto dari kayu dibanding dengan bahan lainnya yang lebih mudah pecah dan berat. Berikut ini bahan-bahan dan juga alat-alat yang kita butuhkan untuk mengubah kayu bekas menjadi bingkai foto yang lebih bernilai jual.

  • Kayu-kayu bekas
  • Amplas kasar dan amplas halus
  • Beberapa paku kecil
  • Lem kayu
  • Cat acrylic atau cat tembok
  • Gergaji kayu
  • Palu kecil
  • Alat penyiku
  • Meteran atau alat ukur
  • Mesin profil atau perpil
  • Cutter
Langkah-langkah dalam membuat bingkai foto dari kayu bekas,
  1. Tentukan ukuran bingkai foto yang ingin kamu buat. Disini akan dicontohkan dengan membuat bingkai ukuran 60x90 cm.
  2. Potong kayu bekas tersebut dengan ukuran yang sudah ditentukan, masing 2 kali. Dan sebelum dipotong ukur terlebih dahulu kayu dengan menggunakan siku dan tandai dengan pulpen.
  3. Potong semua kayu dengan rapi sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  4. Sambungkan setiap pojokan kayu tadi dengan lem kayu pada setiap sisinya. 
  5. Berikan garis lengkung pada bingkai kayu dengan menggunakan mesin perpil disetiap sisi bingkai. 
  6. Amplas bingkai dengan menggunakan amplas kasar.
  7. Lalu amplas bingkai foto lagi dengan menggunakan amplas halus.
  8. Jika kayu yang sudah dibentuk frame atau bingkai berlubang, kamu bisa tampal lobang dengan cara mendempul. 
  9. Untuk mendempul kamu bisa gunakan serbuk kayu yang dicampur dengan lem kayu dan langsung digunakan untuk menutup lubang pada kayu frame.Tunggu hingga dempul kering
  10. Setelah kering, Untuk tahap akhir kamu bisa mengecat bingkai kayu dengan cat semprot yang sudah disediakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan motif tipis pada bingkai kayu yang kita buat. 
  11. Untuk kamu yang menginginkan bingkai kayu lebih tampak natural kamu bisa panaskan bingai kayu tersebut dengan api hingga muncul garis-garis alami motif kayu
  12. Pernis bingkai kayu supaya terlihat lebih elegan dan cantik, kemudian keringkan kembali. Setelah kering sempurna, bingkai foto dari kayu bekas bisa digunakan. 

Kayu Pallet Masih Utuh

Kayu Pallet Di Potong Sesuai Ukuran Bingaki
Frame atau bingkai foto ini bisa langsung kamu pakai sendiri untuk menghiasi rumahmu dengan foto-foto milikmu atau menjualnya dengan harga yang lebih menguntungkan. Selain berkreasi kita juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih menguntungkan untuk kita, lingkungan kita dan alam kita.

Sehingga pohon-pohon tidak perlu lagi ditebangi untuk membuat barang-barang yang sebenarnya bisa kita buat dari sisa-sisa kayu. Dan masih banyak lagi, kreasi yang bisa kamu lakukan dengan hanya menggunakan sisa-sisa kayu atau kayu bekas yang sudah tidak dapat kamu gunakan lagi.

Belum ada Komentar untuk "Kayu Pallet Bekas dijadikan Bingkai Foto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel