Cara Membuat Gantungan Pakaian Dari Garpu Bekas

Cara Membuat Gantungan Pakaian Dari Garpu Bekas - Sampah menurut sebagian orang adalah sesuatu yang tidak ada gunanya lagi, namun bagi sebagian orang lainnya, sampah dapat di daur ulang menjadi bahan baku atau bisa menjadi bahan yang memiliki fungsi lain setelah di daur ulang.

Banyak jenis-jenis sampah yang dihasilkan oleh rumah-rumah, seperti sampah plastik, kertas, beling, dan logam. Seperti kita ketahui bahwa logam adalah jenis bahan baku yang banyak tersedia di bumi, dan hampir semua peralatan rumah dan peralatan lainnya menggunakan logam, namun ketika logam tersebut telah menjadi sampah, maka penghancurannya tidak semudah kita menghancurkan sampah plastik, sampah beling, atau sampah kertas. Untuk menghancurkan sampah logam, kita membutuhkan peralatan khusus yang menggunakan teknologi tinggi untuk dapat dilebur kembali.

Memanfaatkan Sampah Logam Atau Garpu

Cara Membuat Gantungan Pakaian Dari Garpu Bekas.jpg
Gantungan Pakaian Dari Garpu Bekas
Namun, jika sekarang anda memiliki sampah logam di rumah seperti sendok atau garpu, anda tidak diharuskan mempunyai alat penghancur logam atau alat pelebur logam untuk dapat mendaur ulang sampah logam tersebut. Dari sekarang mulailah anda berpikir dengan cerdas bagaimana menyelamatkan lingkungan dari limbah logam dengan tidak membuangnya secara sembarangan, namun masih dapat dimanfaatkan kembali untuk dijadikan barang atau benda seni bernilai tinggi.

Disini akan dijelaskan tentang salah satu cara memanfaatkan sampah logam rumahan yang mungkin tidak terfikir sebelumnya. Misalkan sampah logam garpu bekas. Dengan garpu bekas anda dapat membuat suatu barang yang memiliki nilai seni tinggi dan memiliki manfaat yang tidak kalah penting sebelum garpu tersebut di daur ulang. Lalu apa yang dapat kita lakukan dengan garpu bekas? Ya, disini kita bisa memanfaatkan garpu bekas untuk dijadikan gantungan baju yang cantik dan menarik. Silahkan simak cara pembuatannya berikut ini.

Bahan Dan Cara Membuat Gantungan Pakaian

  • 3 Buah garpu bekas
  • 1 Papan kayu ukuran : Lebar 10 cm, Panjang 40 cm
  • 3 Buah baut dan 3 buah sekrup
  • Tang
  • Bor listrik (jika tidak ada, anda dapat menggunakan palu dan paku)
  • Obeng bunga
  • Cat kayu warna hitam (secukupnya)
  • Cat besi warna emas (secukupnya)
  • Amplas


Cara Membuatnya:

  1. Ambil garpu bekas yang telah disediakan, buat lubang pada tengah kepala gapu dengan menggunakan bor atau jika tidak ada, anda dapat menggunakan palu dan paku untuk membuat lubang, gunakan paku baja yang seukuran dengan ukuran baut yang akan digunakan. Lakukan pada semua garpu.
  2. Jika selesai membuat lubang, lalu lengkungkan bagian pegangan garpu dengan menggunakan tang, buat lengkungan 90 derajat, lakukan hal tersebut ke semua garpu. Dan renggangkan ke arah keluar bagian jari-jari garpu dengan bentuk gelombang. Lakukan pada semua garpu.
  3. Setelah garpu selesai dibentuk, ambil cat berwarna emas, dan lakukan pengecatan pada garpu itu dengan rata serta sempurna, biarkan kering.
  4. Abil papan kayu yang telah disediakan, haluskan papan tersebut dengan menggunakan amplas, lalu bersihkan dengan menggunakan kain kering. setelah itu anda dapat melakukan pengecatan dengan memberinya warna hitam. Biarkan kering.
  5. Setelah cat pada papan kayu dan garpu kering, lakukan penyatuan material dengan menempelkan garpu pada papan kayu, dengan memasang sekrup dan baut dengan obeng bunga pada lubang yang telah dibuat sebelumnya. Beri jarak antar garpu 13 cm.


Penutup

Sekarang anda tahu bagaimana sampah logam berupa garpu di rumah anda telah berubah menjadi benda yang berbeda fungsi namun tetap memiliki manfaat untuk anda. Anda dapat memasang gantungan pakaian buatan anda di kamar mandi, di kamar tidur, atau anda dapat memasangnya di dapur atau dimanapun tempat yang anda inginkan. Dengan begitu anda telah membantu menyelamatkan lingkungan. Dimulai dari hal kecil, maka hal besar pun anda dapat melakukannya demi Bumi bebas dari sampah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Gantungan Pakaian Dari Garpu Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel