Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memanfaatkan Kotak Susu Bekas Menjadi Kursi Anak

Cara Memanfaatkan Kotak Susu Bekas Menjadi Kursi Anak - Sampah rumah tangga serta sampah non berbahaya limbah industri meliputi sebagian besar berupa kertas, walaupun terkadang ada sebagian kalangan yang mengatakan bahwa sampah jenis kertas adalah jenis sampah non-organik. Sebagaimana kita ketahui bahwa kertas terbuat dari batang pohon dan bisa dikategorikan sebagai sampah organik.

Sampah kertas berupa dus atau kotak kardus, adalah jenis sampah yang bahan dasarnya adalah kertas, dimana kertas mengandung selulosa. Namun, industri kertas telah menggunakan sarana teknologi yang  penting pada tahap pengolahan kertas menjadi dus atau kotak susu dengan mengekstrak serat selulosa kayu dan tambahan bahan lain. Memang selulosa adalah komponen sederhana, tetapi dalam kompleks makromolekul dengan hemiselulosa dan komponen lignin yang tidak bisa diterima dalam proses pengolahan kertas, karena itu adalah bahan kimia.

Manfaat Sampah Kotak Susu

Cara Memanfaatkan Kotak Susu Bekas Menjadi Kursi Anak.jpg
Kotak Susu Bekas Menjadi Kursi Anak
Di dalam kotak susu atau karton kemasan susu kita tahu bahwa disana terdapat lem, cat, plastik, dan bahkan kita menemukan aluminium foil untuk membuat makanan atau minuman yang dikemas dalam tetra pack selalu awet. Oleh sebab itu, tetra pack sekarang bukan lagi jenis sampah organik, Sekarang bisa anda bayangkan berapa lama satu buah kotak susu dapat hancur oleh tanah dan cuaca? Lalu bagaimana jika terdapat banyak sampah kotak susu di dunia ini?.

Cara Membuat Kursi Anak Dari Kotak Susu

Dengan mendukung program duni Zero Waste, bukan hal mustahil jika sampah tetrapack atau kotak susu itu tidak dapat di daur ulang. Mari kita menggunakan imajinasi kita dan kreatifitas kita untuk merubah sampah kotak susu menjadi barang yang bermanfaat untuk kita. Jika dilihat dari bentuk kotak susu yang mudah dibuat untuk berbagai barang kerajinan, kita tahu bahwa dengan bentuk kotak persegi itu dapat dibuat barang daur ulang seperti untuk topi, perahu, dan bahkan untuk kursi. Bagaimana bisa membuat kursi dari kotak susu? Mari kita simak langkah-langkah pembuatannya di bawah ini.

Bahan Yang Diperlukan:

  • 145 Buah kotak susu bekas (buang bagian tutup dan bagian lubang kotak yang terdapat plastik leher tutup kotak dibuat rata, hingga kotak rata)
  • Lem Tembak atau lem lilin


Cara Membuat Kursi Kotak Susu Bekas

  1. Ambil 104 buah kotak susu bekas, lalu satukan bagian yang terdapat lubang bekas tutup kotak tadi dengan kotak lainnya secara berhadapan, lekatkan dengan menggunakan lem tembak atau lem lilin satu demi satu secara rata hingga berhasil membentuk sebuah kotak persegi panjang (dasar kursi).
  2. Untuk sisi kanan  kotak (pinggiran kursi), ambil 16 kotak susu dan buat dua baris berdempetan dengan satu baris terdapat 8 kotak susu, lekatkan dengan lem pada kotak persegi panjang yang telah dibuat menjadi bagian dasar kursi tadi.
  3. Lakukan hal yang sama untuk sisi kiri kotak persegi panjang (bagian dasar kursi).
  4. Setelah itu, ambil 9 kotak susu yang tersisa, dan rekatkan dengan lem ke sisi bagian belakang kotak dasar kursi untuk sandaran.


Penutup

Sampah kotak susu yang sebelumnya anda lempar ke tempat sampah, kini telah berubah menjadi kuris anak yang bagus, anda bisa menaruh kursi dari sampah kotak susu ini di ruang keluarga sebagai tempat duduk spesial anak anda, tentu saja dengan merubah sampah menjadi barang yang berguna, sama hal nya anda mengajari anak anda bagaimana kreativitas itu penting untuk melatih ketajaman otak dan untuk menyelamatkan lingkungan. Selamat mencoba.
Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Cara Memanfaatkan Kotak Susu Bekas Menjadi Kursi Anak"