Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Tas dari Koran Bekas Untuk Berbelanja di Minimarket

Plastik memang sangat praktis, mudah dan murah untuk dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti berbelanja maupun untuk sekedar membawa banyak benda-benda kecil. Sangat-sangat mudah untuk mendapatkanya. Namun lama-kelamaan plastik semakin menggerogoti lingkungan kita, dikarenakan plastik sangat sulit diurai oleh alam dikarenakan pembuatanya menggunakan bahan-bahan non organik, sehingga sampah plastik menjadi musuh bumi, pemerintah,aktivis lingkungan dan seharusnya kita juga mengurangi penggunaanya.

Salah satu tindakan tegas yang dilakukan oleh pemerintah kota Denpasar merupakan salah satu perang terbuka terhadap Plastik melalui Peraturan Walikota nomor 36 Tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik di wilayah kota Denpasar yang secara resmi telah diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2019.
Tas dari Koran Bekas

Untuk mendukung dan mengurangi penggunaan plastik, Dr. Sampah memberikan Tips untuk kalian untuk membuat tas atau kantong sendiri yang hemat dan lumayan kuat dalam membawa belanjaan kalian nantinya menggunakan Koran Bekas.

Bahan dan Alat

  • Koran Bekas
  • Gunting
  • Lem Kertas
  • Pita atau Tali Sepatu Bekas
  • Bulpoint atau Pensil

Setelah bahan-bahan dan alat-alatnya sudah siap, langkah selanjutnya kita akan memulai proses pembuatanya.

Langkah pertama adalah menempel halaman sisi kiri dan halaman sisi kanan koran dengan lem sehingga kertas koran seperti persegi panjang.
Langkah 1 (Melekatkan halaman)

Langkah kedua adalah melipat salah satu ujung koran sepanjang 5cm lalu ujung koran yang berlawanan dilipat dan di lem pada ujung koran lawanya.
Langkah 2
Langkah ketiga, yaitu melipat bagian samping dari sisi pada langkah kedua kira-kira 10cm untuk membuat pola, lelu dari pola tersebut tekuklah sisi pojok sehingga membentuk pola segitiga seperti digambar.
Langkah 3
Langkah ke empat. dalam pola segitia yang dibuat pada langkah ketiga, lipatlah satu  ujung kaki segitiga (bawah) tersebut sesuai dengan garis tengah dan sisi lainya (atas) sedikit lebih lebar sehingga salah satu tertimpa, pada kaki- kaki tersebut dan bagian tengah yang saling tindih rekatkan menggunakan Lem. lihat gambar;
Langkah 4
Langkah kelima. lipatlah sisi yang memanjang untuk membuat pola samping tas nantinya, ukuranya harus sejajar dengan sudut segitiga yang telah dibuat pada langakh ke empat, setelah itu bukalah dan kembangkan koran tersebut sehingga akan lebih membentuk tas nantinya.
Langkah 5
Langkah ke enam adalah menekuk pola yang kita buat pada sisi memanjang. tekuklah kedalam pada sisi tengahnya dan pastikan pada bagian bawahnya di tekuk kedalam juga sehingga koran terlihat gepeng dan berbentuk persegi panjang.

Langkah 6
Langkah ketujuh. Membuat lubang tali, dikarenakan bahan kertas koran yang mudah rapuh alangkah bagusnya kita membuat pelapis tambahan supaya ketika menahan baban, kertas tidak robek. Setelah itu lubangilah menggunakan Pensil maupun bolpoint.
Langkah 7
Langkah yang terakhir adalah memasang tali-tali. Untuk memasang tali, pasanglah dari luar sehingga terlihat rapi, lalu ujung tali yang sudah masuk ada lubang kita buat simpul mati dengan cara mengikat seperti biasa.
Langkah 8 (Pemasangan Tali)
Demikianlah cara membuat tas dari koran bekas yang dapat membantu pemerintah dan tentunya mendukung GO-Green. Dengan kita menggunakan kertas koran yang sudah tidak terpakai kita bisa mengurangi penggunaan plastik. Dikarenakan kita memiliki usaha dalam membuat tas, tentunya kita tidak dengan mudah untuk membuangnya. Maka simpankan tas ini kembali ketika telah usai di gunakan, bila mengalami kerusakan kita bisa buat lagi.

Tas Koran Bekas

Kalian juga bisa menjualnya dengan promote go-green, rumornya di Denpasar minimarket menjual tas untuk yang tidak membawa kantung dalam berbelanja yang harganya berkisar 20 ribu, kalau kalian bisa menjual tas koran ini dengan harga 5rb saja pasti akan laris manis bukan?

Bagaimana sobat Dr Sampah? mudah bukan? Bila masih bingung dalam pembuatan silakan bertanya melalui komentar atau bisa menonton video berikut;

Video cara membuat Tas dari Koran Bekas 

Berikut ini cara pembuatan keset dari baju bekas yang saya lansir dari channel Youtube CreationLover , silahkan sobat tonton dan peraktekan cara membuat Tas dari Koran Bekas di link berikut ini https://youtu.be/aest2gsxFOw

Selamat Mencoba dan Berkarya Sobat Dr. Sampah
Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tas dari Koran Bekas Untuk Berbelanja di Minimarket"