Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Aksesoris Gelang Dari Stik Es Krim Lengkap Beserta Gambarnya

Cara Membuat Gelang Dari Stik Es Krim - Gelang merupakan salah satu aksesoris yang paling banyak dipakai baik oleh wanita maupun pria, dengan aksesoris ini seseorang bisa bertambah kepercayaan dirinya.

Jenis gelang pun beragam ada yang dari logam mulia, tali temali, dan banyak bahan lainnya. Selain itu harganya juga berbeda tergantung bahan pembuatannya.

Apakah sobat termasuk orang yang suka memakai gelang? Jika iya sobat wajib mencoba membuat gelang dari bahan yang biasanya hanya dibuang begitu saja yaitu stik es krim.

Kreasi gelang dari stik es krim ini nantinya bisa sobat pakai sehari-hari atau bahkan bisa menjadi ide bisnis bagi sobat. Kan lumayan dari bahan yang tidak bernilai menjadi barang yang menghasilkan uang.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Gelang Cantik Dari Stik Es Krim


Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat gelang dari stik es krim yang sederhana namun tetap keren.

Jadi walaupun bentuknya sederhana tapi tetap keren ketika dipakai. Dan untuk membuatnya pun tidak terlalu sulit, sobat hanya memerlukan waktu yang sebentar.

Agar lebih jelas dan mudah dipahami, pada tutorial ini saya juga akan melampirkan gambar sebagai panduan bagi sobat.

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Seperti biasa, sebelum memulai ke proses pembuatan sobat harus terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan yang nantinya akan diperlukan.

Berikut ini daftarnya...

  • Stik Es Krim
  • Air Mendidih 
  • Gelas

Yang pertama tentu sobat harus siapkan stik es krim, untuk jumlahnya terserah sobat karena satu stik es krim sudah bisa untuk membuat satu buah gelang.

Air mendidih ini nanti akan digunakan pada saat membuat stik es krim melengkung, jadi siapkan air yang benar-benar panas dalam wadah. Sobat bisa gunakan mangkuk atau yang lainnya sebagai wadah air tersebut.

Lalu gelas digunakan juga pada saat membuat stik es krim melengkung, nanti akan saya jelaskan dibawah.

Langkah Pembuatan

Setelah semua alat dan bahan siap, saatnya kita ke proses pembuatan. Karena pada proses pembuatan menggunakan air panas jadi sobat harus hati-hati ya.

Berikut ini langkah-langkahnya..

Buat Stik Es Krim Melengkung

Ini adalah langkah pertama sekaligus langkah paling utama dalam proses pembuatan gelang dari stik es krim ini. Yang namanya gelang pasti kan melengkung, nah lalu bagaimana cara membuat stik es krim yang terbuat dari kayu bisa melengkung? Berikut ini caranya

Rendam stik es krim pada air mendidih agar mudah dibentuk

Yang harus sobat lakukan adalah rendam stik es krim kedalam air mendidih yang sudah sobat siapkan, untuk lama perendaman minimal 30 menit. 

Setelah 30 menit silahkan sobat coba angkat dan coba tekuk secara perlahan stik es krim tersebut, jika sudah lunak dan mudah dibentuk maka bisa lanjut ke tahap selanjutnya namun jika belum maka sobat harus merendamnya lagi.

Jika stik sudah lentur maka akan bisa ditekuk hingga seperti gambar dibawah ini..

Setelah stik es krim lentur maka bisa dibentuk melengkung

Nah jika sobat hanya menggunakan tangan untuk membuat stik tersebut melengkung tentu susah bukan? Bentuknya juga pasti tidak sama setiap gelangnya nanti.

Agar lebih mudah dan hasilnya sama semua sobat gunakan gelas, caranya seperti dibawah ini...

Agar lebih mudah gunakan gelas untuk membentuk stik es krim melengkung

Untuk diameter lengkungan sobat harus sesuaikan dengan diameter lengan orang yang akan memakainya, jadi jangan sampai terlalu kecil atau terlalu besar.

Sobat harus mendiamkan stik es krim tersebut didalam gelas sampai dia mengeras lagi, sehingga bentuknya tetap terjaga. Sobat harus mendiamkannya minimal 12 jam baru sobat bisa keluarkan.

Setelah kurang lebih 12 jam stik es krim akan mengeras kembali dan siap dikeluarkan, seperti pada gambar dibawah ini...

Setelah didiamkan 12 jam didalam gelas maka stik es krim siap dikeluarkan

(Opsional) sobat bisa membuat lubang kecil dikedua ujung stik es krim yang telah melengkung, ini nanti bisa digunakan untuk memasukan tali hiasan.

Hias Stik Es Krim 

Setelah stik es krim berbentuk melengkung sebenarnya sudah biaa digunakan sebagai gelang, tapi warnanya tentu kuran menarik. Nah agar lebih menarik sobat bisa menghiasnya semau sobat, contohnya seperti gambar dibawah ini...

Langkah terakhir sobat tinggal menghiasnya sesuai kemauan sobat

Sobat bisa gunakan cat, sticker atau hiasan yang lainnya sesuai dengan keinginan sobat. 

Cukup sampai disini pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat semuanya.




Posting Komentar untuk "Cara Membuat Aksesoris Gelang Dari Stik Es Krim Lengkap Beserta Gambarnya"