Sponsor

Cara Membuat Lampu Hias Dari Kacamata Bekas

Cara Membuat Lampu Hias Dari Kacamata Bekas - Untuk melindungi bumi dari kerusakan seperti dari pencemaran tanah, polusi udara, pencemaran air tanah, kerusakan lingkungan dan kerusakan ekologi yang ada di bumi, anda harus membantu untuk berbuat dari hal kecil walaupun itu berawal dari sampah kecil. Salah satu cara menyelamatkan lingkungan dari kerusakan adalah dengan cara mengolah kembali sampah yang ada untuk dijadikan barang kerajinan berupa aksesoris atau hiasan.

Dengan begitu, mengubah sampah menjadi bahan baku daur ulang merupakan hal yang baik, karena kita membantu mencegah penggunaan bahan baku, mengurangi penggunaan energi berlebih, mengurangi emisi gas rumah kaca jika kita membandingkan dengan pembuatan barang yang baru dengan bahan baku yang baru. Oleh karena itu, kita dituntut untuk selalu memanfaatkan sampah semaksimal mungkin untuk dapat menyelamatkan bumi dari serangan sampah yang berjuta-juta ton setiap harinya dihasilkan dari sampah industri ataupun sampah rumahan.

Mengubah Sampah Menjadi Kerajinan

Cara Membuat Lampu Hias Dari Kacamata Bekas.jpg
Lampu Hias Dari Kacamata Bekas
Sebelum anda membuang sampah, cobalah anda untuk memilah, mengumpulkan dan memproses sampah sebelum benar-benar sampah itu berakhir di penampungan sampah. Kita pun harus mendukung program pemerintah dalam program pembuatan produk atau material bekas pakai dan komponen manajemen sampah modern, karena itu salah satu bagian dari proses hierarki sampah yaitu 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace).

Sampah rumah tangga terdiri dari berbagai macam bentuk dan jenis. Seperti: plastik, kaca, besi styrofoam, kertas dan lain-lain, untuk sampah plastik dan kaca misalnya kaca mata. Jika anda memiliki kacamata yang telah tidak terpakai lagi, sebaiknya anda tidak perlu terburu-buru membuangnya ke tempat sampah, karena dari benda yang bernama kacamata itu dapat di daur ulang atau diubah fungsinya setelah anda olah menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai seni dan manfaat bagi anda dari barang yang selama ini anda anggap sebagai sampah. Lalu, bagaimana memanfaatkan sampah kaca mata tersebut menjadi sebuah benda berguna? Salah satu contoh pemanfaatannya dengan dibuat menjadi lampu hias, silahkan anda simak bagaimana pemanfaatan sampah kaca mata menjadi lampu hias yang cantik.

Bahan Dan Cara Mengolah Lampu Hias Dari Kacamata

  • 18 Buah kacamata bekas
  • Besi ukuran 70 cm
  • 1 Batang aluminium diambil dari kalender bekas bagian atas
  • Lampu Bohlam 25 watt
  • Kabel set siap pakai secukupnya (yang sudah terdapat dudukan bohlam serta colokan listrik)
  • Lem alteco
  • Tang
  • Cat besi sesuai yang anda inginkan
  • Gergaji besi


Cara Membuatnya

  1. Potong besi menjadi dua bagian yaitu satu bagian ukuran 70 cm, dan satu bagian 30 cm, dengan menggunakan gergaji besi.
  2. Besi dengan ukuran 70 cm, diukur dan ditandai hingga ukuran 40 cm, sisanya dibuat lengkungan atau lingkaran ke samping dengan diameter 10 cm (gambar II) dengan menggunakan tang, dan aluminium dibentuk lingkaran dengan diameter 10 cm (gambar I). lalu masing-masing bentuk di cat hingga kering sempurna. 
    Membuat lingkaran lampu.jpg
    Membuat lingkaran lampu
  3. Setelah Cat kering, lalu ambil kacamata yang telah disiapkan, lalu tempel ujung batang kacamata ke sisi besi bagian bawah (gambar no.II), bagian batang kacamata satu lagi ke sisi bagian bawah lingkaran aluminium dengan menggunakan lem alteco, lakukan hal yang sama untuk semua kacamata, hingga semua kacamata selesai di tempel.
  4. Ambil kabel siap pakai, lilitkan pada besi tengah (gambar II) lalu pasang bohlam di tengah-tengah lingkaran besi. Selesai.


Penutup

Untuk memasang lampu hias dari sampah kacamata ini, jika langit-langit rumah terbuat dari gipsum, anda perlu membuat lubang seukuran besi tersebut, dan bisa menguatkan atau menguncinya dengan menggunakan sekrup dan baut. Sekarang berpikir kembali untuk membuang sampah!.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Lampu Hias Dari Kacamata Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel