Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Dompet Dari Kotak Susu

Membuat Dompet Dari Kotak Susu - Limbah kotak susu atau kardus susu seringkali kita membuangnya, begitu saja ke tempat sampah tanpa berpikir bahwa sampah dari kotak susu itu dapat dimanfaatkan menjadi suatu barang yang berguna dan bermanfaat bagi kita sendiri.

Banyak orang yang tidak mengira bahwa sampah kotak susu tersebut jika diolah dengan sentuhan kreatifitas dapat menghasilkan berbagai macam barang seni kerajinan. Seperti, mainan mobil dari karton susu, kotak pensil, kotak tisu dan dompet dari kotak susu.

Memanfaatkan Daur Ulang Sampah Kotak Susu

Membuat  Dompet Dari Kotak Susu
Gambar Dompet Dari Kotak Susu
Dengan memanfaatkan sampah kotak susu yang ada di rumah kita, kita telah menyelamatkan ekologi dunia, kita telah menyelamatkan lingkungan, kita telah menyelamatkan bumi kita dari miliaran ton sampah yang dihasilkan setiap rumah dan pabrik di dunia ini.

Sungguh mengkhawatirkan memang, dimana setiap harinya jutaan ton sampah dihasilkan dan dibuang begitu saja, dan dampaknya kita bisa melihat sendiri, alam menjadi rusak, tanah menjadi tidak subur, udara yang kita hirup sudah tidak segar dan air yang kita minum menjadi tercemar.

Tips Mengolah Sampah Daur Ulang Dari Kotak Susu

Seharusnya kita harus mengolah sampah, dengan begitu kita peduli akan lingkungan sekitar, dan kita mau merubah limbah, atau sampah yang ada di sekeliling kita menjadi barang daur ulang yang bisa dimanfaatkan lagi. Secara tidak langsung kita telah membantu menyelamatkan bumi limbah. Disini kita akan mencoba memanfaatkan sampah dari kotak susu, sebelum sampah tersebut berakhir di tempat pembuangan.

Kotak susu yang sudah tidak berguna, kita dapat memanfaatkannya dan kita dapat  merubah sampah kotak susu menjadi suatu barang yang memiliki nilai seni yang menarik. Disini akan dijelaskan bagaimana cara memanfaatkan sampah kotak susu untuk dijadikan dompet koin yang sangat cantik. Tentu anda harus mencobanya.

Cara Membuat Dompet Koin Dari Kotak Susu Bekas

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat satu buah dompet koin adalah:
  • 1 buah kotak susu cair ukuran besar
  • Pisau cutter
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Pensil
  • Penggaris

Cara Membuatnya:

  1. Buka semua lipatan kotak susu, hingga menjadi lembaran karton, lalu bersihkan dengan lap atau kain kering seperti pada gambar berikut:
    Membuka Lipatan Kotak Susu
    Membuka Lipatan Kotak Susu
  2. Kemudian buat pola dengan menggunakan pensil, dan penggaris membentuk pola pada gambar berikut ini.
    Membuat Pola
    Membuat Pola
  3. Selanjutnya kita bentuk, atau potong menggunakan gunting dengan hati-hati, bagian atas gunting membentuk setengah lingkaran, sisi kanan dan sisi kiri membentuk masing-masing setengah lingkaran juga hingga berbentuk seperti ini.
    Membentuk Lingkaran
    Membentuk Lingkaran
  4. Buat Gambar Lingkaran sedikit lebih kecil dari lingkaran tutup kotak susu, pada salah satu sisi atas karton, buat lubang di gambar lingkaran tersebut dengan hati-hati menggunakan cutter, yang dimaksudkan untuk kunci dompet.
    Membuat Gambar Lingkaran Kecil
    Membuat Gambar Lingkaran Kecil
  5. Setelah itu kita mulai membentuk dompet koin dan lihat cara pengerjaannya.
  6. Lipat sisi kanan dan sisi kiri karton yang berbentuk setengah lingkaran tersebut sesuai pola dengan cara lipatan keluar masuk (lipatan seperti kita membuat kipas dari kertas) hingga pola membentuk suatu gelombang bentuk.
    Melipat Karton
    Melipat Karton
  7. Lalu, lipat salah satu sisi bawah karton ke arah dalam bersamaan dengan lipatan kanan dan kiri, tidak lupa diberi lem dan tekan-tekan hingga lem merekat sempurna
  8. Terakhir, lipat bagian atas karton dan masukkan lubang ke dalam lingkaran tutup botol lalu kunci dengan menggunakan tutupnya. bila lingkaran terlalu kecil, anda bisa menyesuaikan ukuran lubang dengan lingkaran tutup botol tersebut. Lihat gambar!
    Gunakan Tutup Botol sebagai penutup
    Gunakan Tutup Botol sebagai penutup
    Setelah jadi, anda dapat menggunakan dompet koin hasil karya anda untuk menaruh uang, ataupun pernak-pernik kecil yang siap dibawa kemanapun anda pergi.


Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan, tentang membuat dompet dari kotak susu, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Dan mencegah banyaknya pemakaian sampah yang tidak dipakai. Dengan begitu kita bisa menciptakan sebuah ide usaha, tentu akan menambah pundi-pundi penghasilan melalui daur ulang tersebut.
Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Membuat Dompet Dari Kotak Susu"