Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Meja dari Kayu Bekas

Bagi Anda yang ingin memiliki meja tamu dengan desain minimalis maka sebaiknya jangan buru-buru untuk membelinya karena dapat membuat desainnya sendiri dengan menggunakan berbagai kayu pallet bekas di sekitar. Nah, ketahuilah bahwa cara membuat meja dari kayu bekas sebenarnya sangat mudah. Selain itu juga akan menghemat pengeluaran Anda daripada membelinya.
Meja dari Kayu Bekas
Dibandingkan membeli desain meja minimalis di berbagai toko furniture pastinya harus mengeluarkan budget yang mahal sehingga apabila Anda memiliki kayu pallet atau bekas maka sangat direcomendasikannya untuk membuatnya sendiri. Sebenarnya ada banyak cara membuat meja dengan cara kreatif yang bisa membuat meja dengan model jaman now.

Sebenarnya, tidak hanya untuk membuat meja dengan desain minimalis tetapi Anda juga bisa membuat berbagai desain meja dengan desain kekinian yang sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat sehingga akan lebih nyaman digunakan. Dengan demikian Anda bisa membuat meja untuk berbagai jenis meja tamu, meja lesehan, dan meja tempat TV ataupun yang lainnya.

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  • Kayu Bekas (Bisa Pallet).
  • Balok Kayu
  • Baut / Paku
  • Gas Torch
  • Gergaji
  • Obeng / Paku
  • Amplas

Cara Membuat Meja dari Kayu Bekas

Setelah Anda menyiapkan berbagai bahan-bahan untuk membuat meja dari kayu bekas maka selanjutnya Anda dapat melakukan berbagai tahap langkahnya dengan mudah, untuk mengetahui beberapa langkahnya maka simak uraian list yang terdapat di bawah ini.

1. Merangkai Pallet Kayu Pallet

Perlu diketahui ternyata langkah pertama untuk membuat meja dari kayu pallet atau kayu bekas memang sangat mudah yaitu siapkan terlebih dahulu kayu bekasnya. Langkah berikutnya yaitu Anda harus menyamakan ukuran panjang kayu pallet agar mudah untuk disusun.
Susun Kayu
Anda harus menggunakan 5 Pallet dengan panjang 120 cm kemudian sejajarkan 5 kayu pallet tersebut kemudian  potonglah satu kayu palletnya untuk membuat penahan  secara melintang kemudian ikatlah dengan menggunakan baut atau paku.

2. Memunculkan Motif Kayu

Ternyata kayu pallet yang  tidak  memiliki motif serat maka akan memiliki nilai pola yang sangatp unik apabila dikreasikan dengan baik. Apabila Anda sudah membuat bagian atas meja pada langkah pertama yang sudah dijelaskan di atas maka selanjutnya Anda harus mengaamplas bagian permukaan meja agar kayu pallet lebih halus.
Gunakan Gas Torch untuk Memunculkan Motif Kayu
Apabila permukaan kayu sudah jelas maka akan membuat motif dari lapisan kayu muncul dengan jelas. Hal tersebut tentunya akan membuat desain meja menjadi semakin terlihat klasih dan unik sehingga akan semakin membuat meja memiliki kreasi sangat bagus.

Setelah struktur kayu sudah halus maka Anda bisa langsung mengaplikasikan Gas Torch  agar motif kayu menjadi lebih jelas. Ketika pembakaran yang menggunakan gas torch maka pembakaran tersebut diarsir agar tidak memiliki warna hitam di bagian kayunya.

3. Membuat Kaki-Kaki Meja

Apabila Anda sudah selesai memunculkan motif kayu maka cara membuat meja dari kayu bekas selanjutnya Anda bisa langsung membuat kaki kaki meja dengan cukup bagus. Ketahuilah bahwa seharusnya Anda juga bisa langsung menyesuaikan tinggi kaki dengan lebar meja secara seimbang agar semakin terlihat elegan dan menarik.
Memotong Balok Untuk Kaki Meja
Apabila Anda sudah menyesuaikan kaki kaki meja maka selanjutnya Anda potonglah balok kemudian  Anda harus menyusun sisa kayu palle tersebut agar dapat menopang meja. Lakunkanlah seperti langkah pertama yang telah dilakukan pertama kali di bagian bawah meja kemudian dilanjutkan dengan membuat siku-siku di bagian kaki balok.

4. Menyusun Meja

Setelah selesai menyusun kaki-kaki meja maka Anda dapat membuat bagian akhir dalam menyusun meja. Apabila Anda sudah selesai menyusun meja maka lanjutkan dengan menambahkan  paku ataupun baut di bagian atas meja.  Namun, usahakan jangan merusak kontur atas kayu pallet.
Susun Lalu Paku atau Lem
Demikian cara membuat meja yang bisa Drsampah share dan semoga dapat memberi inspirasi Sobat DrSampah semuanya!. Sebagai bonus berikut adalah gambar yang sangat spesial ketika semua sudah tersusun rapi dengan sedikit pot tanaman bonsai.

Meja Tampak Atas

* DrSampah mohon maaf karena beberapa hari ini sedang berada diluar Kota Untuk berlibur disebuah pulau yang tidak terdapat Sinyal dan Ingin Menikmati hari dan melepas Stress. Salam Damai...!!!

Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Meja dari Kayu Bekas"