Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Kursi Dari Ikat Pinggang Bekas

Cara Membuat Kursi Dari Ikat Pinggang Bekas - Banyak sekali sampah yang ada disekitar kita, barang yang tidak terpakai ini, dengan mudah kita lempar ke tempat sampah. Padahal sampah tersebut bisa kita daur ulang kembali, menjadi barang yang bermanfaat dan menarik, seperti kursi yang terbuat dari bekas ikat pinggang.
Kursi dari Ikat Pinggang Bekas
Kursi dari Ikat Pinggang Bekas
Pengolahan limbah sampah yang ada di rumah, atau disekitar kita selain dapat menyelamatkan lingkungan dari kotornya sampah, dan itu juga membuat kita merasa jauh lebih menyenangkan!.  Termasuk bisa kita manfaatkan daur ulang ikat pinggang bekas, yang dapat di olah menjadi sebuah kursi cantik dan menawan.


Bagaimana Cara Mendaur Ulang kursi Dari Ikat Pinggang Bekas

Sampah yang didaur ulang kembali akan memberikan banyak manfaat bagi manusia, salah satu manfaatnya, akan membuat kita menjadi terlatih dalam bidang kreatifitas. Disini akan dijelaskan, bagaimana kita memanfaatkan limbah ikat pinggang bekasi menjadi kursi. Apabila mempunyai sabuk/ikat pinggang rusak, dan sudah tidak terpakai, dapat kita manfaatkan menjadi sebuah kursi cantik dan dekoratif. Bagaimana langkah membuat kursi dari ikat pinggang bekas tersebut, silahkan simak caranya di bawah ini.

Cara Membuat Kursi Dari Limbah Ikat Pinggang Bekas


Bahan yang diperlukan untuk membuat kursi dari Ikat pinggang antara lain:

  • Kerangka kursi yang sudah tidak terpakai, (baik itu yang bermaterial besi atau kayu, tapi disini saya menggunakan kerangka besi dengan material besi). 
  • 12 buah ikat pinggang atau sabuk.
  • Cat besi atau cat kayu (warna sesuai selera anda)
  • Kuas cat
  • Paku kecil atau paku besi ukuran 5 cm sebanyak 36 buah
  • Palu

1. Menyiapkan Kerangka Kursi Bekas

Setelah anda menyiapkan kerangka kursi bekas, kemudian bersihkan kerangka kursi dari debu atau cat.
Apabila kerangka kursi terbuat dari material besi, dapat menggunakan ampelas untuk membersihkan sisa cat lama yang masih menempel pada kerangka besi. Begitu juga kerangka kursi yang anda miliki berbahan kayu, harus mengikis permukaan cat dengan menggunakan ampelas. Setelah itu gunakan lap, atau kain kering untuk membersihkan kerangka kursi dari kotoran tersebut.

2. Cara Pengecatan Kerangka Kursi

Setelah kerangka bersih dari kotoran dan cat, pulas kerangka dengan menggunakan cat besi, atau cat kayu sesuai dengan warna yang anda inginkan.
Caranya pertama pulas kerangka kursi dengan cat secara tipis dan biarkan kering. Setelah kering, lalu pulas kembali dengan cat dengan sedikit tebal hingga rata. Pemulasan cat tersebut dapat di lakukan dua kali, bertujuan agar mencegah tidak meratanya cat pada material kerangka kursi yang di pergunakan.

3. Menyiapkan Sabuk Atau Ikat Pinggang Bekas

Ambil sabuk yang sudah tidak terpakai, lalu buang pada bagian kepala sabuk yang biasanya terbuat dari material besi.

Kemudian lakukan pemotongan menggunakan gunting, hingga menghasilkan lembaran-lembaran yang sama panjang. Bersihkan sabuk tadi dengan menggunakan lap sedikit basah, hingga terbebas dari debu dan kotoran.

Langkah Pembuatan Kursi Dari Limbah Ikat Pinggang

  1. Ambil kerangka kursi yang sudah di cat (tentu saja setelah cat kering).
  2. Lalu ambil ikat pinggang tadi, lalu paku di salah satu sisi bagian atas kerangka kursi, kerangka bagian tengah kursi, dan kerangka bagian sisi kursi bawah (ujung dudukkan).
  3. Lakukan hal yang sama untuk sisa helaian ikat pinggang lainnya dengan memiliki jarak 8 - 9 cm dari satu bentangan sabuk ke bentangan lainnya.
  4. Lakukan dengan metode selang-seling seperti membuat sebuah anyaman, namun anyam yang renggang, hingga semua ikat pinggang selesai di paku dan terpasang dengan kuat serta rapi membentuk dudukkan kursi yang nyaman.

Penutup

Nah, sekarang anda sudah bisa bersantai di kursi dari bahan daur ulang ikat pinggang bekas, yang anda buat sendiri, tidak semua barang yang tidak terpakai berakhir di tempat sampah. Dengan sedikit sentuhan dan kreatifitas yang anda miliki, kini bisa membuat suatu karya yang indah. Agar dapat menambah koleksi dekorasi rumah anda, dari bahan daur ulang seperti kursi dari ikat pinggang bekas.
Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kursi Dari Ikat Pinggang Bekas"