Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memanfaatkan Bathtub Yang Tidak Terpakai

Cara Memanfaatkan Bathtub Yang Tidak Terpakai - Sampah rumah tangga yang termasuk juga dalam limbah, sebagian besar plastik dan salah satu dari jenis sampah plastik tersebut, adalah sampah bathtub yang sudah rusak, atau sudah tidak terpakai. Sampah bathtub sendiri menjadi salah satu sampah non organik, masih bisa didaur ulang menjadi sebuah karya seni atau barang yang berguna dalam rumah tangga.

Cara Mendaur Ulang Bathtub Rusak

Cara Memanfaatkan Bathtub Yang Tidak Terpakai.jpg
Memanfaatkan Bathtub Yang Tidak Terpakai
Seperti kita tahu, ketik sampah bathtub plastik begitu sulit terurai oleh tanah, maka membutuhkan ratusan tahun untuk dapat terurai di dalam tanah. Apakah Anda rela bumi tempat kita tinggal tercemar oleh limbah ini, yang berakibat buruk untuk manusia juga?. Tentu Tidak, lalu bagaimana jika Anda memiliki bathtub yang tidak terpakai lagi karena rusak, apakah kita akan membuangnya begitu saja?. Saya pikir tidak! Disini akan dijelaskan bagaimana anda masih dapat memanfaatkan bathtub yang rusak tersebut menjadi sebuah barang yang masih bisa berguna, tentu setelah anda tahu bagaimana cara mendaur ulang sehingga menghasilkan sebuah karya yang dekoratif dan inovatif.

Cara Membuat Kursi Dan Meja Dari Bathtub Bekas

Untuk memulai mendaur ulang bathtub yang telah rusak, mari kita simak bagaimana langkah-langkah cara me-recycle bathtub menjadi barang yang akan menghiasi rumah anda. Silahkan simak cara-cara nya berikut ini.

Bahan Yang Dibutuhkan:

  • 1 Buah Bathtub bekas
  • Gergaji besi
  • Baut dan sekrup
  • Cat kayu warna krem
  • Cat warna hitam (akrilik)
  • Pena
  • Amplas
  • Kuas cat
  • Lap kain kering
  • Bor (manual atau pun bor listrik


Langkah-langkah Pembuatan Kursi Dan Meja Dari Bathtub

  1. Ambil bathtub yang sudah tidak terpakai, buat pola dengan garis-garis menjadi 3 bagian menggunakan pena, dan potong menjadi 3 bagian sama besar dengan menggunakan gergaji sesuai dengan garis-garis yang telah ditentukan.
  2. Bersihkan bathtub dari sisa cat dan kotoran dengan menggunakan amplas, hingga bathtub kembali ke warna dasar, tidak lupa untuk menghaluskan bagian pinggir-pinggir potongan bathtub dengan amplas agar tidak tajam, lalu bersihkan dengan lap.
  3. Setelah bathtub bersih dari cat dan debu, ambil 2 potongan bagian pinggir bathtub, lalu beri lubang dengan menggunakan bor di 4 sisi sudut potongan bathtub. (buat posisi lubang sama pas dengan lubang yang ada di satu bagian pinggir bathtub satu lagi).
  4. Satukan 2 bagian pinggir bathtub dengan posisi berlawan arah, satu menghadap ke atas dan satu menghadap ke bawah (untuk dijadikan kursi), lalu pasang baut dan sekrup di lubang-lubang yang telah dibuat di 2 bagian potongan tersebut hingga kencang dan kuat.
  5. Setelah selesai memasang baut dan sekrup, lakukan pengecatan body, dengan menggunakan warna cat krem, begitu juga dengan potongan satu lagi-nya untuk bagian meja. cat hingga kering.
  6. Setelah cat bagian body kering, ambil cat warna hitam dan buat list untuk menutup bagian pinggir-pinggir kursi dan meja, biarkan cat hingga kering


Penutup

Kini bathtub yang sebelumnya ingin anda buang, karena anda menganggap itu bagian dari sampah. Dapat kita jadikan sebuah kursi dan meja yang menarik, sebagai pelengkap dekorasi balkon rumah, taman, ataupun teras rumah depan Anda. Dengan kreatifitas yang tinggi dan daya imajinasi yang kuat, anda harus berpikir tentang sampah apa lagi yang ingin anda olah setelah melihat kursi dan meja yang dihasilkan dari bathtub begitu menarik.
Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Cara Memanfaatkan Bathtub Yang Tidak Terpakai"