Cara Buku Nota Dari Disket Bekas

Cara Buku Nota Dari Disket Bekas - Pengertian mendaur ulang adalah mengolah kembali suatu benda yang telah dianggap sampah atau limbah, dimana sampah diubah menjadi suatu benda yang layak pakai atau layak guna, tujuan pengolahan sampah atau mendaur ulang sampah adalah mencegah penggunaan bahan baku yang baru, mencegah penggunaan energi berlebih, mengurangi polusi udara, mencegah kerusakan lahan, emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang yang baru.

Pemanfaatan Sampah Elektronik

Cara Buku Nota Dari Disket Bekas.jpg
Buku Nota Dari Disket Bekas
Proses pengolahan sampah menjadi suatu barang yang berguna adalah suatu tujuan dalam pengolahan sampah padat yang biasanya diawali dengan kegiatan pemilihan, pengumpulan dan pemrosesan, distribusi serta pembuatan suatu produk dengan material bekas pakai. Kita tahu bahwa tidak semua sampah dapat terurai oleh tanah, seperti plastik, kaca, logam , kertas, tekstil, styrofoam dan sampah barang elektronik. Itulah jenis sampah yang sulit terurai oleh tanah. 

Material sampah yang dapat di daur ulang yaitu berupa sampah-sampah yang telah disebutkan di atas, lalu seperti apa yang dinamakan sampah elektronik? Sampah elektronik adalah sampah yang menjadi bagian-bagian material elektronik, bisa itu berupa komputer bekas, Televisi bekas, kamera bekas, bahkan sampai disket bekas, yang mana proses daur ulang sampah-sampah tersebut tidak seperti kita mendaur ulang sampah kompos atau sampah organik. karena sampah elektronik tidak dapat didegradasi secara alami oleh alam. Lalu bagaimana cara memanfaatkan sampah-sampah elektronik tersebut sehingga kita ikut serta menyelamatkan bui kita dari serangan sampah?.

Salah satu dari sampah elektronik tadi, disebutkan adalah disket, dimana seiring kemajuan jaman dan teknologi penggunaan disket sudah jarang digunakan kembali, bahkan mungkin anda masih menyimpan disket itu hingga sekarang sebagai kenang-kenangan bagian sejarah teknologi. Anda kini bisa memanfaatkan disket tidak terpakai tersebut untuk dijadikan suatu barang yang berguna, seperti di buat menjadi sampul buku nota yang keren, sehingga anda tidak hanya menyimpan disket rusak di rumah sampai berdebu. Bagaimana cara pembuatannya? Yuk kita ikuti prosesnya.

Bahan Dan Cara Membuat Buku Nota Dari Disket

  • 1 atau 2 buah disket bekas
  • 20 Lembar kertas A4
  • 2 Buah bulatan besi atau ring besi bekas gantungan kunci yang tidak terpakai
  • Alat pembolong kertas


Langkah Pembuatan Buku Nota Dari Sampah Disket

  1. Potong-potong kertas A4 menjadi 4 bagian kotak persegi (atau sesuai dengan ukuran disket yang ada), lalu lakukan pembolongan pada potongan kertas A4 itu sebanyak 2 lubang pada kiri dan kanan di satu sisi kertas, sesuaikan dengan posisi lubang yang ada pada disket. Lakukan hal tersebut hingga semua kertas selesai di lubangi.
  2. Cara Menyusun Menjadi Buku Nota: Pertama, ambil disket, biasanya terdapat dua lubang bawaan pabrik, melalui lubang bawaan tersebut, masukkan bulatan atau ring besi yang sudah terlebih dahulu di regangkan di kanan-kiri lubang yang ada pada disket, setelah itu masukkan juga potongan-potongan kertas yang telah di lubangi, hingga semua kertas selesai disusun di dalam ring tersebut. Terakhir masukan disket satu lagi, Rapatkan kembali ring besi supaya susunan tadi tidak terlepas.


Penutup

Apapun sampah anda, jika anda berimajinasi dan memiliki ide kreatif, maka sampah itu tidak akan berakhir di tempat sampah. Dengan sampah anda menjadi lebih kreatif dan inovatif, dengan sampah anda lebih menjaga lingkungan, dengan sampah anda dapat membuat barang apapun sesuai keinginan anda. Selalu jaga lingkungan dan selalu memanfaatkan sampah!.

Belum ada Komentar untuk "Cara Buku Nota Dari Disket Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel