Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Mahkota Raja dari Kertas A4 Beserta Gambarnya untuk MOS

Cara Membuat Mahkota Raja Dr. Sampah

Cara Membuat Mahkota Raja Dr. Sampah - Hiasan kepala merupakan salah properti yang sering dibuat oleh para mahasiswa baru maupun para siswa yang baru memasuki kampus maupun sekolah dalam rangka Masa Orientasi Siswa atau lebih dikenal dengan MOS.
Mahkota Raja dari Kertas

Ada berbagai macam hiasan kepala yang sudah Dr. Sampah utamanya tentang Topi yang telah menjadi artikel paling populer di DrSampah.com. Membuat hiasan mahkota raja bisa juga digunakan sebagai media anak-anak untuk bermain sambil bersosialisasi kala masih kecil. Anak anak kecilpun sering tertarik membuat kerajinan ini dikala senggang saat berada di sekolah. Sangat mudah dan sekali mencoba pastinya kalian akan langsung ingat membuatnya sampai tujuh turunan deh.

Setelah membuat Mahkota Raja dari kertas ini kalian bisa saja mengulang masa-masa kecil kalian bermain Raja dan Ratu di halaman rumah, untuk lebih jelasnya mari Kita Coba Membuat Mahkota Raja dari Kertas Beserta Gambarnya untuk MOS.

Bahan-Bahan yang Digunakan

  • Kertas ukuran  A4 (Secukupnya)
  • Lem Kertas
  • Bulpoin atau Pensil

Langkah-Langkah Membuat Mahkota Raja

Pertama-tama kalian ambil satu lembar kertas A4 lalu tekuk kertas menjadi dua sisi sama rata seperti pada gambar berikut;
Lipat Kertas Menjadi Dua Bagian
Langkah selanjutnya adalah melipat kertas yang pada langkah pertama dari ujung atas ke ujung bawah, tujuan utama dari pelipatan ini adalah untuk membuat Pola yang akan digunakan untuk membetuk Mahkota nantinya;
Lipat Kembali Kertas Tersebut Ke arah Bawah
Langkah ketiga adalah membuka lipatan pada langkah kedua lalu pada ujung kanan atas dilipat seperti membuat pesawat kertas lalu sisa kertas yang ada di bawahnya dilipat menjadi dua bagian sama rata.
Perhatikan lipatan di Sebelah kanan, sisa kertas di lipat sama rata
Langkah keempat, kembali tekuk kertas pada bawah kaki pola segitiha untuk menutupi ruas pada bawah segitga, lalu tandai  kelebihan kertas menggunakan Pensil atau bulpoin (perhatikan gambar), lalu buatlah lima sampai sepuluh betuk kertas seperti ini (Sesuai kebutuhan, karena ukuran masing-masing kepala orang berbeda-beda).
Melipat dan Memberi Tanda pada Kertas
Langkah kelima, setelah dirasa cukup untuk menyesuaikan dengan ukuran masing-masing, sekarang adalah proses menyambung pola tersebut sehingga bisa terlihat seperti Mahkota Raja.

Ambilah dua pola kertas yang telah dibuat, lalu tumpuk kertas dengan menyelipkan salah satu kertas pada lipatan yang dibuat pada langkah keempat dengan menjajarkan tengah segitiga dengan tanda yang dilukis dengan pensil lalu lem kedua bagian, sehingga terlihat seperti gunung kembar.
Masukan pada Selipan lalu di Lem
Sabunglah pola tersebut sampai dirasa cukup untuk dilingkarkan di kepala dan pada langkah terakhir adalah menyambung untaian gunung-gunung tersebut menjadi sebuah lingkaran.
Sambungan Terakhir
Nah, mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini semoga artikel ini bermanfaat untuk sehabat semuanya yang sedang mencari tentang kerajinan tangan membuat Mahkota Raja dari Kertas. Untuk pembuatan mahkota ini tidak harus menggunakan kertas A4, namun kalian bisa menggunakan kertas lain yang tidak digunakan sehingga kalian bisa modifikasi sendiri.

Penutup

Bagaiaman? Sudah siap untuk mengenang masa kecil bermain Raja dan Ratu? Silakan dicoba dirumah Sobat Dr, Sampah semunya, SELAMAT MENCOBA...!!!
Jambe9 Tutorial
Jambe9 Tutorial Make it Easy!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Mahkota Raja dari Kertas A4 Beserta Gambarnya untuk MOS"