Manfaat daur ulang sampah dan bisa menjadi kerajinan

Manfaat daur ulang sampah dan bisa menjadi kerajinan - Di Indonesia sendiri masih banyak sekali permasalahan dalam mengelola sampah, terutama botol plastik, sampah semacam ini kita bisa daur ulang menjadi aneka macam kerajinan. Banyaknya sampah yang dihasilkan, sebagian besar terdiri dari sampah yang tidak mudah terurai seperti plastik, botol bekas, dan lain sebagainya. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini, dengan cara melakukan upaya daur ulang sampah, sehingga diharapkan volume sampah plastik akan semakin berkurang berkurang.

berikut macam-macam manfaat sampah


Manfaat Sampah Daur Ulang

Sampah sendiri diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan, dan biasanya dibuang begitu saja oleh masyarakat. Walau bagaimanapun material sisa seperti ini, tidak berarti semua sampah harus langsung dibuang, dalam membuang sampah tanpa mengelola dengan baik, justru akan merusak eskosistem pada lingkungan. Agar kita semua dapat mengurangi beban lingkungan tersebut, sampah bisa diolah menjadi berbagai benda yang bermanfaat seperti kerajinan dari botol plastik bekas, pakan ternak. Salah satu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sampah Daur Ulang Untuk Pakan Ternak

Sampah organik seperti daun-daunan, ataupun sisa makanan memang bisa terurai secara alami. Akan tetapi lenih baik lagi bila kita bisa memanfaatkan material sampah tersebut, untuk digunakan sebagai pakan ternak, seperti dedaunan yang masih hijau serta sisa dari sayuran dan buah-buahan.

2. Sampah Sebagai Bahan Pembuatan Pupuk Organik

Dalam mengolah sampah organik menjadi pupuk sudah banyak orang yang mengetahuinya, dan cukup lama dikenal terutama kompos. Sampah dapur dan juga sampah kebun bila dikumpulkan untuk diolah menjadi pupuk sangatlah baik, dengan cara konvensional maupun dengan menggunakan alat seperti composter. Selain diolah menjadi pupuk kompos, sampah dapur ulang organik juga bisa diolah menjadi pupuk organik cair. Biasanya sampah dapur akan dihasilkan secara terus menerus, dan bisa dijadikan sebaai pupuk kompos.

3. Sampah Bisa Menjadi Bahan Pembuatan Batako

Apabila kita membeli makanan di pinggir jalan, pasti sering menjumpai para pedagang yang menggunakan wadah dari bahan styrofoam. Bahan ini disinyalir berbahaya bagi kesehatan, bahkan diantara beberapa negara sudah melarang penggunaannya, kenyataannya Styrofoam masih banyak digunakan. Styrofoam sendiri merupakan jenis sampah anorganik tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme, bakteri pengurai di dalam tanah, sehingga keberadaan Styrofoam membahayakan untuk lingkungan.

Agar dapat mengurangi keberadaannya di alam, kini styrofoam banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat batako. Karena sampah sejenis ini masih tergolong kedalam jenis plastik, styrofoam mempunyai sifat ringan dan tidak menyerap air. Dengan demikian batako yang dihasilkan pun mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu lebih ringan dan tahan air.

4. Sampah Daur Ulang Untuk Bahan Kerajinan Kreatif


Dalam mendaur ulang sampah serta barang bekas merupakan cara yang paling banyak dilakukan, agar dapat memanfaatkan sampah anorganik. Selain itu beban dapat mengurangi beban lingkungan, kita juga bisa memanfaatkan sampah sebagai kerajinan, dan cukup mempunyai nilai ekonomis dengan menjadikannya sebagai komoditas yang diperjual-belikan.

Beberaa kerajinan yang terbuat dari sampah daur ulang, antara lain seperti tas, dompet, dan tikar yang dibuat dari bungkus atau botol plastik, pewangi pakaian, sampo, dan sebagainya. Contoh lainnya seperti styrofoam yang bisa di daur ulang menjadi hiasan dinding atau mainan anak, juga bungkus rokok yang dibuat menjadi pot bunga dan hiasan dinding, serta masih banyak lagi.

5. Daur Ulang Sampah Menjadi Wadah Alternatif

Sampah bisa kita manfaatkan untuk aneka wadah cantik, sampah yang berbentuk wadah seperti kaleng bekas minuman, botol selai dari beling, atau kaleng biskuit dapat kita manfaatkan/daur ulang menjadi aneka wadah baru yang cantik dan multifungsi.

Contoh sederhananya ialah sampah bekas kaleng minuman, bisa kita manfaatkan menjadi wadah untuk menyimpan pensil. Sampah plastik bekas aneka bentuk dan warna juga bisa dikreasikan untuk membuat kerajinan bunga yang menarik, dengan sedikit sentuhan, seperti kardus bekas juga dimanfaatkan menjadi kotak penyimpanan barang yang cantik.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang manfaat daur ulang sampah dan bisa menjadi kerajinan, semoga kita mendapatkan sebuah wawasan pengetahuan, dan bisa memilah sendiri agar dapat menjadikan sampah sebagai daur ulang, sekian dari kami semoga bermanfaat denan ulasan daur ulang sampah ini, sampai jumpa kembali pada kesempatan berikutnya.

0 Response to "Manfaat daur ulang sampah dan bisa menjadi kerajinan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel