Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Tempat Dudukan Handphone Keren Dari Kardus Bekas

Tempat Dudukan Handphone Dari Kardus Bekas - Pernah tidak sih sobat merasa lelah karena harus memegang handphone secara terus menerus? Mungkin pada saat menonton video atau film atau mungkin hanya scrolling timeline media sosial saja.

Sebenarnya ada solusi yang sangat tepat untuk permasalahan seperti itu yaitu dengan membuat tempat dudukan atau stand untuk handphone sobat.

Dengan alat ini sobat tidak perlu lagi merasa lelah karena harus memegangi handphone secara terus menerus, sobat tinggal letakan saja dan sobat bisa menikmati video atau film dengan nyaman.

Tutorial Cara Membuat Tempat Dudukan Handphone


Tempat dudukan atau stand untuk handphone sebenarnya sudah banyak dijual dipasaran. Bahan pembuatnya pun berbeda-beda ada yang dari kayu, kertas, plastik dan lain sebagainya.

Harganya pun bervariasi, ada yang murah dan ada yang mahal sampai ratusan ribu. Biasanya tergantung dari jenis bahan yang digunakan.

Padahal sebenarnya sobat bisa loh membuatnya sendiri dirumah dengan bahan-bahan bekas yang mudah ditemukan, salah satunya yaitu kardus bekas.

Untuk membuatnya pun tidak terlalu susah dan bisa sobat lakukan hanya dalam beberapa menit saja, jadi dibanding sobat harus order di toko online lalu menunggu beberapa hari proses pengiriman lebih baik sobat buat sendiri saja ya.

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Seperti biasa, sebelum memulai proses pembuatan sobat harus mengumpulkan bahan dan alat yang nanti akan digunakan untuk membuat stand handphone ini.

Apa saja? Berikut ini daftarnya...

  • Kardus Bekas
  • Gunting / Cutter
  • Pensil / Spidol
  • Lem / Paku Payung
  • Penggaris

Untuk kardus sobat bisa gunakan kardus bekas wadah handphone yang sudah tidak terpakai, ukuranya juga jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Dan juga sobat bisa memilih untuk menggunakan lem sebagai perekat atau paku payung, jika menggunakan paku payung nanti akan sedikit lebih mudah dan cepat.

Langkah Pembuatan

Nah setelah semua bahan terkumpul sekarang saatnya kita menuju pada proses pembuatannya, sobat perhatikan betul-betul penjelasan saya ya agar nantinya hasilnya bagus dan sesuai harapan.

Berikut ini langkah-langkahnya...

Siapkan Kardus Lalu Potong Disetiap Sambungannya

Pertama sobat siapkan kardus yang akan digunakan, pada tutorial kali ini saya menggunakan kardus bekas wadah handphone Iphone.

Setelah kardus siap silahkan potong disetiap sambungan dalam hal ini disetiap pojokan kardus, setelah dipotong hasilnya ssperti ini...

Langkah pertama dalam pembuatan dudukan hp dari kardus adalah potong setiap sambungan dipojok kardus

Nah sobat potong bahan kardus milik sobat seperti diatas yah, usahakan serapih mungkin agar nanti hasilnya akan bagus.

Buat Pola Pada Kardus Menggunakan Pensil / Spidol

Langkah selanjutnya sobat buat pola pada permukaan kardus dengan menggunakan pensil / kardus, agar pola yang dibuat lebih rapi dan presisi sobat bisa menggunakan penggaris.

Polanya seperti gambar dibawah ini...

Pada langkah kedua buatlah pola sesuai gambar lalu potong sesuai pola

Setelah polanya jadi selanjutnya sobat potong kardus tersebut dengan mengikuti pola yang sudah sobat buat, sobat bisa menggunakan cutter ataupun gunting. Saran saya agar lebih mudah sobat gunakan gunting saja.

Buat Pola Lagi Untuk Mempermudah Lipatan

Ada dua jenis pola yang digunakan, pola pertama yang diatas itu digunakan untuk mempermudah pada saat memotong. Nah pola yang kedua ini fungsinya agar lebih memudahkan pada saat melipat nantinya.

Silahkan sobat buat pola seperti gambar dibawah ini...

Langkah ketiga buat pola sesuai gambar lalu lipat sesuai pola

Setelah pola tergambar selanjutnya sobat lipat sesuai dengan pola, agar lebih mudah dan rapih pada saat sobat melipat bisa gunakan bantuan penggaris.

Hasilnya setelah dilipat seperti ini...

Gunakan lem atau paku payung untuk menjaga bentuk kardus sesuai pola

Setelah kardus dilipat sobat bisa gunakan lem ataupun paku payung untuk menjaga bentuk kardus setelah dilipat. Pada gambar diatas dibuat lubang untuk nantinya dipasang semacam Holder Clip agar bentuk kardus tetap seperti itu.

Tapi karena sobat menggunakan lem atau paku payung jadi tidak perku dibuat lubang seperti itu.

Rekatkan dengab menggunakan lem atau paku payung untuk menjaga bentuk kardus sesuai pola

Perhatikan gambar diatas, lubang yang sudah dibuat dipasang Clip Holder untuk menjaga bentuk kardus sesuai pola. Disini sobat langsung saja tancapkan paku payung atau lem perekat.

Tempat Dudukan Handphone Dari Kardus Sudah Jadi 

Nah cukup dengan beberapa langkah diatas tempat dudukan handphone dari kardus yang keren sudah jadi dan siap digunakan, hasil jadinya seperti ini...

Hanya dengan beberapa langkah saja tempat dudukan hp dari kardus sudah jadi

Kelebihan dari desk stand handphone seperti ini adalah sobat bisa menempatkan handphone sobat dalam posisi potrait maupun landscape.

Pada saat sobat menonton video atau film sobat posisikan perangkat sobat landscape, lalu jika sobat hanya ingin scrolling time line media sosial sobat bisa posisikan secara potrait.

Untuk ukuran dan jenis kardus sobat bisa gunakan sembarang sesuai keinginan sobat, jika ingin tambah keren sobat bisa tempelkan stiker atau gambar yang lainnya.

Nah bagaimana? Mudah kan untuk membuatnya? Jadi sobat tidak perlu mengeluarkan uang dan menunggu lama hanya untuk tempat dudukan hp karena sobat pun bisa membuatnya sendiri.

Cukup sekian dan semoga bermanfaat...


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tempat Dudukan Handphone Keren Dari Kardus Bekas"