Cara Membuat Boneka dari Kain Bekas Beserta Gambarnya

Kain bekas berguna sekali untuk kerajinan tangan yang bisa dibuat menjadi boneka. Banyak kain bekas potongan jahitan pembuat baju yang tidak digunakan lagi bisa menjadi bahan untuk pembuatan boneka. Kain yang tidak berguna bisa kita buat menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat dan tentunya bisa menghasilkan uang tambahan.

Pembuatan boneka dari kain tentunya sangat susah sekali, hal yang harus kita perhatikan adalah untuk teknik penjaitan dan menggambar pola boneka tersebut sehingga terbentuk menjadi boneka yang kita inginkan.

Untuk awal pembuatan yang harus sobat lakukan adalah menggambar pola dari boneka yang inggin sobat buat, setelah membuat pola dari gambar tersebut sobat cocokkan dengan gambar boneka tersebut.

Persiapan awal untuk pembuatan boneka dari kain bekas yang harus dipersiapkan adalah bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk pembuatan boneka tersebut. Ok tidak usah panjang lebar kita lansung membahas cara membuatnya di bawah ini.

Bahan dan Alat 


- Kain bekas
- Dakron
- Benang jahit
- Koran bekas
- Pita
- Pensil
- Gunting
- Mesin jahit
- Jarum pentul
- Spidol untuk kain

Setelah alat dan bahan sudah disipkan, seperti bahan dan alat di atas , proses selanjutnya kita menuju cara membuat boneka tersebut.

Lamgkah pertama yang harus sobat lakukan gambar kan bagian badan boneka tersebut, dengan kertas atau dengan koran bekas sesui selera sobat.

gambar pola boneka

Setelah menggambar pola tersebut langkah selanjutnya gunting gambar pola tersebut, stelah pola digunting berbentuk boneka jiblak gambar tersebut di kain yang ingin menjadi bahan dasar boneka.

gunting gambar pola

Lakukan pemotongan kain tersebut sehingga membentuk pola dari gambar boneka, sebagai tampilan depan boneka.

lakukan pemotongan kain

Proses selanjutnya pasangakan bagian bagian detil badan boneka tersebut, gunakan penjahit tangan atau mesin.

bagian dari boneka

Setelah selasi pasang pola depan dan belakang dari boneka tersebut dengan sejajar, gunakan jarum pentul agar dua buah pola tersebut tidak berubah ubah.

gabungkan bagia belakang dan depan boneka

Jait dua buah kain yang menempel tersebut dengan rapi dan jangan lupa untuk menyisakan bagian yang terbukak untuk membalik dan memasukan dakron, untuk penjaitan dilakukan pada posisi pola terbalik atau bagian dalam, setelah selasai memasukan dakron jait dengan tangan bagian terbukak.

boneka sudah jadi

Bagian terahir gambarkan mata dan hidung dari gambar tersebut menggunakan sepidol untuk kain, agar nampak bagus dan cantik.

Bagaimana menorut sobat dari pembuatan boneka di atas tadi cukup lumayan bukan. Tutorial di atas salah satu contoh pembuatan boneka dengan kain, sobat bisa membuat boneka dengan bentuk karakter yang lain dengan langkah awal membuat pola dari boneka tersebut.

Sekian terimakasih...


0 Response to "Cara Membuat Boneka dari Kain Bekas Beserta Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel