Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Kursi Cantik Dari Kaleng Atau Ember Cat Bekas

Cara Membuat Kursi Dari Ember Cat Bekas - Kaleng atau ember cat bekas biasanya banyak ditemukan dilokasi proyek atau ketika sobat merenovasi rumah.

Ember wadah cat yang berukuran besar memang biasanya dimanfaatkan kembali sebagai wadah, mulai dari wadah air, beras dan lain sebagainya.

Sampah ember cat bisa dikatakan sebagai barang yang mudah dimanfaatkan karena tanpa diapa-apakan pun sudah bisa digunakan untuk hal yang berguna.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Kursi Dari Ember Atau Kaleng Wadah Cat


Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial untuk mengubah ember cat bekas menjadi barang yang unik dan tentunya sangat berguna yaitu kursi atau bangku.

Bosan dengan pemanaatan ember cat yang begitu-begitu saja? Jangan khawatir, artikel ini bisa menjadi solusi bagi sobat semuanya.

Kursi hasil daur ulang ember wadah cat ini nantinya bisa sobat tempatkan diruangan dalam rumah sobat, atau bisa juga diletakan diemperan. 

Bentuknya yang keren dan terkesan inovativ tentu menciptakan suasana baru yang belum pernah sobat rasakan sebelumnya.

Langsung saat kita mulai...

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Seperti biasanya, sebelum menuju proses pembuatan sobat wajib menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini...

  • Ember Bekas
  • Busa
  • Gunting
  • Penggaris
  • Pensil
  • Staples
  • Kulit Jok Sintetis

Ember yang digunaka adalah ember cat yang berukuran besar sekaligus tutupnya, jika tutupnya hilang sobat bisa menggantinya dengan triplek atau kayu. Gunakan apa yang ada disekitar sobat saja.

Busa sobat bisa menggunakan busa kasur bekas atau bisa membelinya ditoko. Gunting, penggaris dan pensil berfungsi sebagai alat bantu ketika proses pembuatan.

Staples yang digunakan adalah Staples tembak yang biasanya digunakan oleh para tukang jok.

Sedangkan kulit jok bekas ini berguna sebagai cover busa alas duduk, sobat bisa menggantinya dengan kain atau yang lainnya. Namun paling bagus adalah menggunakan bahan yang tidak tembus air.

Langkah Pembuatan

Pastikan semua alat dan bahan diatas terkumpul ya, jika sudah langsung ke proses pembuatan...

Buat Alas Duduk


Cara Membuat Kursi Cantik Dari Kaleng Atau Ember Cat Bekas

Gambar diatas merupakan alas untuk duduk, nah cara membuatnya adalah sebagai berikut ini...

Pertama sobat ambil tutup ember lalu pada busa yang sudah sobat sialan buatlah pola sesuai dengan bentuk tutup ember tersebut. Dalam membuat pola ukurannya agak lebih besar sedikit dari ukuran tutup ember. 

Buat pola yang sama juga pada kulit jok sintetis atau bahan yang sudah sobat siapkan. Jika pola sudah sobat buat selanjutnya tinggal potong sesuai pola.

Setelah dipotong sobat tumpuk dengan urutan dari bawah, tutup ember lalu bisa lalu yang paling atas kulit jok tadi.

Untuk merekatkan sobat gunakan Staples tembak, caranya sobat Staples kulit jok dengan tutup ember. Sobat harus hatihati pada proses ini dan jangan sampai terluka, jangan lupa pastikan juga Staples benar-benar kuat ya.

Pasangkan Alas Ke Badan Ember


Cara Membuat Kursi Cantik Dari Kaleng Atau Ember Cat Bekas

Langkah selanjutnya sobat pasangkan tutup ember yang sudah dibuat sebagai alas duduk tadi ke badan ember, sampai langkah ini kursi sudah bisa digunakan sebenarnya namun tampilannya masih kurang menarik.

Agar lebih menarik sobat bisa menghiasnya dengan cara dicat atau ditempel setiker, berikut ini gambar yang bisa sobat jadilah sebagai referensi...

Cara Membuat Kursi Cantik Dari Kaleng Atau Ember Cat Bekas

Selain digunakan sebagai tempat duduk sobat bisa juga memanfaatkan bagian dalam ember yang kosong sebagai wadah alat loh, misal alat berkebun atau mainan anak-anak.

Bagaimana? Mudah dan keren bukan?

Selamat mencoba dan semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat bagi sobat semua.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kursi Cantik Dari Kaleng Atau Ember Cat Bekas"