Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Kreasi Pot Tanaman Gantung Dari Botol Aqua Bekas

Cara Membuat Pot Tanaman Gantung Dari Botol Bekas - Di jaman sekarang banyak sekali sampah botol air mineral plastik yang berserakan dimana-mana, dijalan, di sungai dan di berbagai tempat.

Membeli air mineral kemasan botol memang dinilai lebih praktis daripada membawa dari rumah, namun begitu tentu ada efek buruknya bagi lingkungan salah satunya yaitu limbah botol plastik dimana-mana.

Bahkan saya yakin mungkin dirumah sobat atau disekitar rumah sobat banyak terdapat botol air mineral bekas, mungkin sobat kumpulkan untuk dijual ke pemulung atau mungkin dibakar begitu saja.

Tutorial Cara Membuat Kreasi Pot Tanaman Gantung Dari Botol Bekas


Bahan plastik merupakan bahan yang paling sulit untuk diuraikan oleh bakteri, ini membuat plastik berperan besar dalam pencemaran lingkungan.

Namun ternyata sampah botol air mineral bisa loh dibuat menjadi kreasi unik yang sangat berguna, salah satunya yaitu dengan dibuat pot tanaman.

Bagi sobat yang hobi bercocok tanam kreasi ini sangatlah cocok, selain keren sobat juga ikut berperan menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik.

Baiklah langsung saja kita menuju tutorial pembuatannya..

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Untuk membuat kreasi pot dari botol air mineral bekas sobat perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang nantinya diperlukan...

  • Botol Air Mineral 
  • Kawat
  • Tang Potong
  • Cutter
  • Tanah
  • Tanaman
  • Sedotan Plastik

Untuk botolnya sobat bisa menggunakan botol air minum Aqua yang berukuran lumayan besar, selain Aqua juga bisa.

Lalu untuk tanaman sobat bisa gunakan tanaman apa saja, bunga-bungaan atau yang lainnya sesuai yang sobat inginkan asalkan bukan tanaman berkayu yang berukuran besar.

Untuk sedotan ini opsional, sobat bisa gunakan atau tidak karena fungsinya hanya agar pot terlihat lebih menarik.

Proses Pembuatan

Setelah semua alat dan bahan siapa sekarang saatnya langkah pembuatan, perhatikan langkah demi langkah yang saya jelaskan yang...

Potong Bagian Bawah Botol 
membuat pot tanaman bunga
Pertama yang harus sobat lakukan adalah memotong bagian bawah botol sesuai dengan gambar yang ada diatas. Ukurannya usahakan persis seperti pada gambar diatas yang sobat.

Buat Lubang Pada Tutup Botol 
buat lubang bagian tutup aqua
Sobat buat lubang pada tutup botol, ukurannya sesuai dengan diameter kawat yang sobat gunakan. Untuk membuat lubang tersebut sobat bisa gunakan paku yang dipanaskan atau alat lain sesuai yang sobat miliki.

Selain pada tutup botol buat lubang juga pada bagian bawah botol, tepat pada bagian tengah nantinya lubang tersebut akan di masukan kawat. Seperti pada langkah berikutnya.

Masukkan Kawat Dari Bawah Hingga Atas
masukan kawat terseut ke dalam aqua
Persis seperti pada gambar diatas, sobat masukan kawat dari bagian bawah hingga menembut tutup melalui lubang yang sudah dibuat. Pasang juga sedotan seperti pada gambar diatas agar pot terlihat lebih bagus.

Buat Lingkaran Kawat Untuk Gantungan Pot
agar tidak lepas saat digantung
Pada bagian kawat yang keluar dari tutup botol buatlah lingkaran seperti pada gambar diatas, gunakan  agar lebih mudah.


Lingkaran tersebut berfungsi agar kawat tidak terlepas ketika pot digantung nantinya.

Buat Kail Untuk Gantungan Pot
Buat Kail Untuk Gantungan Pot, buat kawat untuk penggantung
Buat lengkungan kawat seperti kail, persis seperti gambar diatas. Itu nanti akan digunakan sebagai cantelan agar pot bisa digantung.


Pasang juga sedotan plastik agar tampilan pot yang sobat buat lebih menarik.

Hanya dengan beberapa langkah diatas pot tanaman gantung sudah bisa digunaka, hasil akhirnya seperti ini...
pot tanamam bungan sudah selsai
Sobat tinggal masukkan tanah dan tanaman lalu gantung dengan posisi bagian bawah botol dibagian atas.

Saya kira hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua.

#Kesimpulan#

Pembuatan kerajian tangan yang satu ini sangat sederhana sekali, sobat hanya membutuhkan botol bekas, kawat dan sedotan plastik, sehingga sobat bisa membuat pot bunga dengan model gantung. Setelah pot bunga gantung tersebut sudah selasi dibuat, akan nampak cantik juga bila botol bekas tersebut diberi warna.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kreasi Pot Tanaman Gantung Dari Botol Aqua Bekas"