Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Kreasi Aquarium Mini Dari Bohlam Lampu Bekas

Cara Membuat Kreasi Aquarium Mini Dari Bohlam Lampu Bekas - Penggunaan bohlam lampu biasanya marak pada pedesaan atau pada warung-warung dipinggir jalan.

Umumnya bohlam lampu yang dipakai adalah berdaya 5 watt, nyalanya kuning sehingga sering juga disebut lampu kuning.

Ketika bohlam lampu rusak atau sudah tidak bisa menyala lagi biasanya orang akan langsung membuangnya ke sungai, tempat sampah dan lain sebagainya.

Selain merusak lingkungan tindakan ini juga cukup membahayakan orang lain karena bahan kacanya yang mudah pecah bisa saja terinjak dan melukai orang lain.

Tutorial Lengkap Membuat Kreasi Aquarium Mini Dari Bohlam Lampu Bekas


Nah salah satu pemanfaatan bohlam lampu bekas agar tidak terbuang sia-sia adalah dengan menjadikannya kreasi yang bisa dipakai. Salah satunya adalah dibuat menjadi mini aquarium atau aquarium mini.

Sesuai namanya, aquarium mini ini nantinya bisa sobat jadikan sebagai hiasan dimeja kerja atau dikamar sobat.

Sesuai namanya juga, aquarium ini hanya bisa diisi ikan jenis kecil saja seperti ikan cupang, guppy atau yang lainnya. Namun jika bohlam yang sobat gunakan berukuran lumayan besar sobat bisa menaruh ikan yang lebih besar.

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Sobat harus menyiapkan beberapa hal sebelum mulai membuat aquarium mini ini, berikut ini daftarnya...

  • Bohlam Bekas
  • Tang
  • Obeng
  • Air
  • Batu Kecil
  • Ikan Hias

Sebagai alat keamanan sobat bisa gunakan sarung tangan dan juga kaca mata untuk mengantisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Batu kecil nantinya berfungsi sebagai hiasan, selain batu sobat bisa juga menggunakan benda lain seperti karang-karangan atau yang lainnya.

Ukuran ikan juga harus menyesuaikan ukuran bohlam yang sobat pakai, jangan sampai nanti ikan tersiksa karena ukuran bohlam yang terlalu kecil.

Proses Pembuatan

Nah setelan semua alat dan bahan sobat persiapkan selanjutnya kita langsung menuju ke proses pembuatan. Ingat agar selalu berhati-hati dalam melakukan semua proses karena barang yang kita olah adalah kaca yang bisa melukai sobat.

Berikut ini langkah-langkahnya...

1. Bongkar Penutup BohlamBohlam

Agar bohlam bisa diisi air makan sobat harus membongkar penutupnya terlebih dahulu, perhatikan langkah dibawah ini...

bohlam, bongkar bagi bawah boklam

Dengan menggunakan tang, sobat lepas bagian ujung pada tutup bohlam. Warnanya silver dan terbuat dari semacam logam alumunium, jangan lupa gunakan pengaman ya.

bohlam, bongkar bagi bawah bohlam

Setelah ujung silver terlepas selanjutnya sobat bongkar juga ujung yang berwarna hitam, bongkar dengan hatihati agar kaca tidak ikut pecah.

2. Bongkar Juga Filamen

Filamen adalah bagian bola lampu yang berpijar, sobat bongkar juga bagian tersebut menggunakan obeng. Pada proses ini sobat harus benar-benar berhati-hati karena salah sedikit saja keseluruhan bola lampu bisa pecah.

Setelah filamen terlepas makan hasilnya akan seperti ini...

bohlam dengan lampu yang sudah di kosongkan

3. Hias Lalu Masukkan Air Dan Ikan

Pada langkah terakhir ini sobat tinggal memasukkan hiasan, air dan ikan hias yang sudah sobat siapkan sebelumnya.

Sebagai bahan referensi berikut ini hasil aquarium mini yang bisa sobat contoh...

setelah selsai tinggal pengisian air dan ikan

Nah itu dia tutorial lengkap cara pembuatan aquarium mini dari bohlam lampu bekas, semoga bermanfaat bagi sobat semuanya.



Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kreasi Aquarium Mini Dari Bohlam Lampu Bekas"