Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Pigura Foto Dari Kardus Yang Unik Dan Keren

Cara Membuat Pigura Foto Dari Kadus - Apakah sobat memiliki banyak koleksi foto dirumah? Ketika sobat ingin memajang foto tersebut tentu membutuhkan figura atau bingkai. Selain sebagai tempat foto, pigura juga dapat menambah kesan indah foto tersebut.

Namun harga sebuah pigura tidak murah, ada memang yang murah namun bentuk dan modelnya hanya begitu-begitu saja sehingga kurang menarik dipandang.

Sobat tidak perlu khawatir, dengan memanfaatkan barang tidak terpakai yang ada disekitar sobat bisa loh membuat pigura foto yang keren dan unik. Salah satu bahan yang bisa sobat manfaatkan adalah kardus bekas yang sudah tidak terpakai.

Daripada dibuang atau dibakar lebih baik digunakan untuk membuat barang yang berguna, dan bahkan bisa sobat jual nantinya jika hasil buatan sobat bagus.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Bingkai Foto Unik Dari Kardus


Untuk membuat sebuah bingkai foto dari kardus tidaklah rumit, sobat tidak butuh waktu lama dan juga tidak memerlukan alat yang aneh-aneh.

Cukup ikuti beberapa langkah yang akan saya sampaikan dengan seksama nanti sobat sudah bisa membuatnya. 

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Sebelum memulai sobat siapkan dulu alat dan bahan yang nanti diperlukan. Berikut ini daftarnya...

  • Kardus Bekas
  • Kertas Kado
  • Lem
  • Gunting / Cutter

Sobat hanya perlu menyiapkan empat barang diatas untuk membuat sebuah bingkai foto yang indah. Untuk kardus sobat bisa gunakan kardus yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, contohnya seperti kardus wadah mie instan.

Langkah Untuk Membuatnya

Setelah semua bahan dan alat disiapkan sekarang lanjut ke cara pembuatan, ikuti langkah yang akan saya berikan dengan seksama ya agar hasilnya bisa bagus nantinya.

Buat Pola Pada Kardus Lalu Potong


Potong kardus sesuai pola

Pertama sobat gambar pola di kardus yang akan dijadikan pigura. Untuk pola sobat bisa print terlebih dahulu dari komputer ke kertas lalu gunting kertas tersebut sesuai pola. Baru sobat gambar polanya pada kardus. Seperti pada gambar diatas.


Atau kalau mungkin sobat punya ide pola lain sobat bisa gambar seperti yang sobat inginkan. Setelah pola tergambar di kardus selanjutnya sobat tinggal potong kardus sesuai pola.

Lumuri Lem Pada Kardus Yang telah Dipotong


Lumuri lem pada satu sisi kardus yang sudah dipotong

Setelah kardus dipotong selanjutnya sobat lumuri lem pada kardus tersebut, untuk lem sobat bisa gunakan lem kertas saja. Gunakan kuas agar lem merata.


Tempelkan Kardus Yang Telah Dipotong Ke Kertas Kado


Setelah dilumuri lem, tempelkan satu sisi kardus yang dilumuri lem ke kertas kado


Setelah memotong kardus sesuai pola dan sudah dilumuri lem langkah selanjutnya sobat tempelkan permukaan yang dilumuri lem ke kertas kado. Selain kertas kado sebenarnya sobat bisa menggunakan bahan lain seperti kain yang motifnya bagus atau yang lainya, namun jenis lem juga harus menyesuaikan nantinya.

Potong Kertas Kado Disetiap Sudut Kardus


Potong kertas kado disetiap pojok kardus agar mudah dilipat


Jadi agar nanti kertas kado tersebut mudah dilipat sobat harus memotong disetiap sudut kardus, pola potongannya seperti pada gambar diatas.

Lipat Kertas Kado Sesuai Pola


Lipat setiap sisi kertas kado lalu rekatkan dengan lem


Perhatikan gambar diatas, sobat lipat setiap sisi kertas kado lalu gunakan lem untuk merekatkan. Jika sobat bingung lihat dan perhatikan saja gambar diatas.

Potong Kertas Kado Dengan Pola X


Gambar pola X pada tengah pigura lalu potong sesuai pola

Setelah setiap sisi direkatkan selanjutnya sobat potong bagian tengah bingkai (kertas kado) dengan pola huruf X seperti pada gambar diatas. Agar lebih mudah, sobat bisa menggunakan penggaris untuk menggambar polanya.

Setelah pola X digambar dan dipotong selanjutnya sobat lipat seperti pada gamnar dibawah ini...

Setelah pola X digambar dan dipotong, lipat setiap sisi pola lalu rekatkan dengan lem

Jangan lupa gunakan lem untuk merekatkan kertas kado yang dilipat, setelah selesai dilipat dan direkatkan hasil akhirnya seperti ini...

Cukup dengan tujuh langkah diatas sobat sudah bisa membuat pigura foto yang cantik dari kardus

Nah itulah hasil akhirnya dan pigura sudah siap digunakan dan dipajang. Satu hal lagi, untuk ukuran bingkai harus menyesuaikan ukuran foto yang dimiliki sobat ya. Jangan sampai terlalu kecil atau terlalu besar.

Saya rasa penjelasan saya kali ini sudah lengkap dan mudah dipahami, selalu teliti dalam setiap prosesnya ya agar hasil piguranya bisa bagus dan keren.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pigura Foto Dari Kardus Yang Unik Dan Keren"